SOLOPOS.COM - Pekerja menggarap proyek rehab Stadion 45 Karanganyar, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah mangkrak selama bertahun-tahun, Stadion Angkatan 45 Karanganyar akan dipakai lagi. Dalam tahap awal, Pemkab mengalokasikan dana Rp895 juta untuk memfungsikan stadion yang berada di pusat kota tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya pada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Ari Wibowo, mengatakan ada beberapa pekerjaan dalam tahap awal ini. Prioritas pekerjaan ini lebih ditujukan agar stadion tersebut bisa difungsikan kembali.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kegiatan untuk Stadion 45 ini utamanya supaya stadion bisa dipakai untuk kegiatan [pertandingan]. Pagu anggarannya Rp895 juta, kemudian dilelang dan pemenangnya yang menawar Rp679 juta,” ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Pekerjaan itu meliputi pavingisasi di sisi luar utara stadion. Selain itu, dilakukan juga pembersihan lapangan dari alang-alang yang selama ini menutupinya. “Sebelumnya lapangannya ini kan ditumbuhi semak-semak dan alang-alang. Ini dibersihkan. Lalu perataan lahan, tapi bukan menyamakan tinggi, meskipun ada selisih sekitar 43 cm dari barat ke timur karena dananya terbatas,” imbuhnya.

Baca Juga: Stadion 45 Karanganyar Direhab Bertahap, Kira-kira Kapan Rampung?

Sementara itu, tanah urukan di sekeliling lapangan juga disingkirkan. Sedangkan tribune, pintu, dan ruang ganti juga mendapatkan sentuhan renovaai berupa tambal sulam.

Stadion 45 Karanganyar
Stadion 45 Karanganyar, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

“Lalu ada perbaikan tribune yang bocor nanti sengnya ditambal. Kemudian di ruang ganti ada penggantian plafon, tembok-tembok yang rusak diplester sekaligus pengecatan,” imbuhnya.

Untuk rehab atau perbaikan lanjutan diharapkan akan dilakukan pada 2023 melalui dana ABBD penetapan.  Rencananya Stadion 45 akan digunakan untuk kegiatan pada pertengahan November 2022 nanti. Sehingga pihaknya juga meminta kepada kontraktor agar menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu tersebut.

Baca Juga: Dana Rehab Stadion 45 Karanganyar Cupet, Untuk Rumput Saja Enggak Cukup

“Pak Bupati [Juliyatmono] mengatakan pertengahan November stadion akan dipakai untuk kegiatan. Tapi, saya sendiri tidak tahu apakah itu untuk kegiatan sepak bola atau kegiatan lain. Sehingga kami juga minta kepada kontraktor supaya segera menyelesaikan, meskipun masa kerjanya berakhir Desember,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya