SOLOPOS.COM - Pura Mangkunegaran menjadi bangunan cagar budaya pertama yang menggunakan energi listrik bersih PLN melalui REC PLN. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Pura Mangkunegaran bakal memberikan gelar kepada sejumlah abdi dalem pada rangkain Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang pertama pekan depan.

Hal itu disampaikan Mangkunagoro X kepada wartawan ditemui di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (23/2/2023) siang. Dia tidak hafal berapa jumlah orang yang bakal mendapatkan gelar dari Pura Mangkunegaran.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran KPH Tjuk Susilo mengatakan pemberian gelar itu khusus bagi abdi dalem.

“Ini sudah agak lama, beberapa tahun tidak ada, Mangkunagoro IX itu tidak memberikan,” kata dia.

Dia mengatakan Pura Mangkuengaran memiliki sejumlah syarat untuk pemberian gelar bagi abdi dalem. Salah satunya melihat berapa lama abdi dalem tidak naik pangkat.

Adapun rangkaian Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X dimulai dengan pasar rakyat di Pamedan Pura Mangkunegaran, Sabtu-Minggu (25-26/2/2023).

Selanjutnya ada upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X, Rabu (1/3/2023).

Pura Mangkunegaran mengirim 350 undangan, antara lain keluarga serta kerabat Pura Mangkunegaran. Serta Catur Sagatra, yakni Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pura Pakualaman, dan Pura Mangkunegaran.

Pura Mangkunegaran juga mengundang Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Para tamu tiba di Pura Mangkunegaran pukul 09.30 WIB. Mereka masuk Pura Mangkunegaran melalui pintu selatan menuju Pendapa.

Para tamu akan hadir dengan disambut prajurit yang berjajar. Upacara dimulai pembukaan, doa, Mangkunegoro X masuk pendapa Pura Mangkunegaran. Kemudian ada pentas tarian Bedhaya Anglir Mendhung dengan iringan gamelan Kyai Kanyut Mesem. 

Berikutnya ada sesi atur pambagyo atau ucapan selamat ulang tahun jumenengan serta sabda dalem dari Mangkunegoro X. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya