SOLOPOS.COM - K.G.P.A.A. Mangkunagoro X. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro X akhirnya buka suara terkait perizinan salat Idulfitri di Pamedan Pura Mangkunegaran, Jumat (21/4/2023). Mangkunagoro X memastikan pelayanan kepada semua umat.

Mangkunagoro X menjelaskan Pura Mangkunagoro mengizinkan kegiatan Salat Idulftri dua kali di Pamedan Pura Mangkunegaran. “Kami fasilitasi semuanya dengan sebaik-baiknya,” kata dia kepada Solopos.com melalui pesan Whatsapp, Selasa (18/4/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan saran kepada Mangkunagoro X supaya semua warga bisa melakukan Salat Idulfitri meskipun ada potensi perbedaan waktu Lebaran 2023 di Pura Mangkunegaran, Selasa pagi.

“Tadi pagi, dari saya boleh Muhammadiyah difasilitasi tapi keputusan di beliau,” kata dia ditemui wartawan di Balai Kota Solo.

Dia mengatakan tugas Pemkot Solo menyiapkan tempat, memastikan keadaan aman, dan tanpa macet selama kegiatan salat Idulfitri 2023. Pemkot Solo tetap memfasilitasi dua salat Idulfitri tahun ini.

“Saya perintahkan Kepala Bagian Kesra Setda Solo kalau lapangan dipakai dua kali tak apa-apa,” papar dia.

Dia mengklaim komitmen Pmekot Solo menjamin pelayanan kepada warga dengan menerjunkan petugas keamanan serta petugas terkait lainnya selama Jumat dan Sabtu. Warga yang ingin menggunakan jalan diizinkan, namun harus berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Solo dan Dinas Perhubungan Solo.

Sebelumnya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) akhirnya mendapatkan izin Salat Idulfitri di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (21/4/2023).

“PDM mengajukan izin dengan mediasi ternyata diizinkan tanggal 21 kita bisa menggunakan lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran,” kata Pengurus Ranting Muhammadiyah Keprabon Wiwit Hidayat dihubungi Solopos.com, Selasa (18/4/2023).

Menurut dia, biasanya ranting Muhammadiyah Keprabon melakukan salat Idulfitri di Pamedan Pura Mangkunegaran. Sebelumnya, pengurus ranting Muhammadiyah Keprabon bingung mendapatkan surat dari Pura Mangkunegaran tidak mendapatkan izin karena Pamedan Pura Mangkunegaran untuk kegiatan lainnya.

“Kami sampaikan ke PDM lalu PDM melakukan silaturahmi ke Pura Mangkunegaran pagi ini,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya