SOLOPOS.COM - Logo Baru Mangkunegaran yang dilaunching di kartu multi trip (KMT) KAI Access. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–K.G.P.A.A Mangkunagoro X meluncurkan logo baru Pura Mangkunegaran di Taman Pracima, Solo, Minggu (3/12/2023). Uniknya, logo baru Pura Mangkunegaran dikenalkan kepada publik melalui Kartu Multi Trip (KMT).

Logo baru Pura Mangkunegaran tampak lebih sederhana dari bandingkan dengan logo Pura Mangkunegaran sebelumnya. Namunn logo baru itu tetap mempertahankan sejumlah simbol, antara lain huruf M, huruf N, dan mahkota.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mangkunagoro X menjelaskan memiliki tradisi unik yang mana setiap Mangkunagoro memiliki logo Pura Mangkunegaran yang berbeda-beda. Mangkunagoro X telah mempelajari logo Pura Mangkunegaran era Mangkunagoro IX dan mengambil inspirasi logo pada Mangkunagoro VIII.

“Meskipun logonya beda-beda namun secara esensi banyak unsur yang dipertahankan, misalkan mahkota, ada sesensi yang sama, kemasannya beda menyesuaikan zaman,” kata dia.

Menurut dia, logo Pura Mangkunegaran yang baru bukan dari sayembara, namun Mangkunagoro X terlibat dalam pembuatan logo baru. Pembuatan logo itu dilakukan sejak Maret 2023 atau lebih dari delapan bulan.

“Karena sepanjang itu, esensinya harus dijaga, filosofi dibalik logo harus dikembangkan sesuai konteks hari ini. Yang penting membawa  kebanggaan pada logo barunya,” paparnya.

Adapun logo baru Pura Mangkunegaran dikenalkan kepada publik melalui Kartu Multi Trip (KMT). Peluncuran logo baru itu bersamaan dengan aplikasi C-Access bersama PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan KAI Commuter.

“Dengan inovasi melalui KMT bisa mengenalkan kepada masyarakat supaya punya kenangan bagi Pura Mangkunegaran,” jelas dia.

Sebagai informasi, KAI Commuter menggandeng PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk peluncuran aplikasi C-Access. Ada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dalam kolaborasi layanan aplikasi C-Access dan aplikasi Livin by Mandiri.

Dalam MoU itu terdapat kerjasama bisnis untuk implementasi digitalisasi sistem pembayaran tiket commuter line. Nantinya dengan kerja sama ini pengguna Commuter Line dapat melakukan transaksi pembayaran tiket di aplikasi C-Access dengan menggunakan aplikasi Livin by Mandiri.

Pengguna aplikasi C-Access juga dapat melakukan isi ulang saldo uang elektronik e-Money dan membuka rekening di Bank Mandiri.

Sementara itu pada pengguna aplikasi Livin by Mandiri bisa membeli QT tiket Commuter Line Jabodetabek dan Commuter Line Jogja-Solo. Para pengguna Commuter Line juga bisa melakukan isi ulang saldo KMT melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya