SOLOPOS.COM - KGPAA Mangkunagoro X memberikan keterangan kepada wartawan di Pracima Tuin, Kamis (22/2/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Menjelang perayaan Hari Raya Iduladha, Pura Mangkunegaran mulai menyiapkan beberapa agenda, baik ibadah berkurban hingga wisata saat libur Iduladha. Hal itu disampaikan oleh Pemimpin Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X.

Terkait dengan perayaan Iduladha, Mangkunagoro X menyampaikan bahwa Pura Mangkunegaran siap memfasilitasi perayaan Iduladha mulai dari salat Id hingga penyembelihan hewan kurban.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Seperti biasa, teman-teman Muhammadiyah nanti di [lapangan] Pamedan [Pura Mangkunegaran], juga teman-teman NU nanti juga bisa di [Masjid] Al Wustho [Mangkunegaran]. Ya kita lihat nanti bagaimana,” ungkap Mangkunagoro X saat diwawancarai wartawan di The Sunan Hotel Solo, Selasa (11/6/2024).

Pihaknya juga berencana menyembelih beberapa ekor sapi dan kambing yang nantinya dibagi untuk para Abdi dalem serta masyarakat di sekitar Pura Mangkunegaran.

“Ya mungkin enggak segede sapinya [kurban] Pak Jokowi, tapi,” kata dia sambil tertawa saat ditanya terkait ukuran sapi yang akan disembelih.

Selain itu, Pura Mangkunegaran, lanjut dia juga sedang menyiapkan beberapa agenda untuk menyambut wisatawan saat musim libur Iduladha mendatang.

Menurut Mangkunagoro X akan lebih menarik karena agenda itu akan berupa kesenian dan kebudayaan yang menyasar untuk anak-anak. Bahkan, wisatawan nantinya tidak hanya menjadi penonton namun juga bisa saling berinteraksi.

“Ya tentu nanti banyak anak-anak dan kami selalu memperbanyak kegiatan untuk anak-anak. Jadi usia sedini mungkin semakin baik. Kami akan menyiapkan kegiatan baik itu di Pracima, Pendapa, dan sebagainya itu kegiatan tari, kesenian, yang pokoknya nanti masyarakat itu tidak hanya menonton tapi juga bisa berinteraksi,” ungkapnya.

Sementara, saat ditanya tentang detail agenda tersebut, Mangkunagoro X menjawab, “Ditunggu saja nanti. Karena saat ini masih perlu persiapan lebih”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya