SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Didiek Hartantyo menyerahkan bibit pohon tabebuya kepada K.G.P.A.A Mangkunagoro X di Pamedan Pura Mangkunegaran, Minggu (3/11/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– K.G.P.A.A Mangkunagoro X menerima 117 pohon sawo kecik dan tabebuya dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan KAI Commuter di Pamedan Pura Mangkunegaran, Minggu (3/11/2023).

Selain sebagai peneduh, pohon sawo adalah tanaman hias yang memiliki banyak manfaat, antara lain material gagang keris dan perkakas atau perabotan rumah tangga. Sementara pohon tabebuya sebagai mengurangi polusi, peneduh pekarangan, penghias lingkungan, dan bunganya bisa untuk pupuk.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penyerahan pohon kepada Mangkunagoro X dilakukan secara simbolis, masing-masing diserahkan oleh Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo dan Direktur Utama PT KAI Commuter Asda Artriviyanto.

Kegiatan itu adalah bagian dari rangkaian dari peluncuran aplikasi C-Access. Sebelumnya ada parade becak wisata yang diikuti 50 pengemudi becak yang mengantarkan para tamu undangan termasuk Didiek, Asda, dan Mangkunagoro X.

Didiek menjelaskan PT KAI melakukan kolaborasi dengan Bank Mandiri dan Pura Mangkunegaran untuk meluncurkan aplikasi C-Access. Cikal bakal Stasiun Solo Balapan bermula dari Pura Mangkunegaran.

“Mangkunagoro IV merelakan kawasan Solo Balapan. Dulunya adalah lapangan pacuan kuda lalu dijadikan stasiun. Kenapa namanya Stasiun Solo Balapan karena merupakan tempat pacuan kuda,” jelas dia.

Menurut dia, KAI dan Bank Mandiri tak bisa dilepaskan karena sama-sama melayani masyarakat. Kereta api memiliki akses, KAI Commuter memiliki C-Access, dan Bank Mandiri memiliki aplikasi Livin by Mandiri

“Kereta api  terus bertransportasi, kereta api terus berkolaborasi dengan semua pihak-pihak berkepentingan termasuk dengan Bank Mandiri dan Pura Mangkunegaran untuk melayani transportasi massal,” ujarnya.

Dia mengatakan KAI Commuter melayani 1,3 juta per hari di Jabodetabek, Bandung, Solo-Jogja, Surabaya, dan Malang. Sistem layanan transportasi terus diperbarui termasuk layanan pembayaran.

Mangkunagoro X mengatakan sejarah masa lalu tak hanya kenangan, namun sebagai modal untuk masa depan. Masa lalu Pura Mangkunagaran dan PT KAI bekerja sama membangun Stasiun Purwosari dan Stasiun Solo Balapan.

“Kolaborasi itu menjadi modal kami untuk membuat karya baru dalam bentuk Garden Orchestra di Taman Pracima. Kenapa Orchestra  karena setiap zaman harus terus berkembang,” ungkap dia.

Menurut dia, kolaborasi menjawab platform digital pada layanan Bank Mandiri dan PT KAI. PT KAI, Bank Mandiri, dan Pura Mangkunegaran juga merilis Kartu Multi Trip (KMT) baru dengan logo baru Pura Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya