SOLOPOS.COM - Mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani S.R. (Dok.JIBI/Solopos)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sejumlah partai politik di Kabupaten Karanganyar adem ayem menyikapi langkah mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih, bergabung ke Partai Perindo. Bergabungnya mantan Bupati dua periode ini dinilai tak bakal mempengaruhi konstelasi politik di Kabupaten Karanganyar.

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo, menanggapi santai kabar Rina Iriani menyeberang ke partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu. “Biasa saja,” kata Bagus kepada Solopos.com, Selasa (11/4/2023).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Rina yang dulu diusung dari PDIP sebagai cabup ini, menurut Bagus, sah-sah saja bergabung ke partai lain. PDIP tidak akan terpengaruh dengan langkah Rina. Meski sekalipun saat disinggung Rina masih memiliki basis massa besar di Karanganyar, Bagus tak mempersoalkan.

“Silakan saja. Mau jadi pembina, mau dapat jabatan apa pun di partai lain silakan saja. Kami tidak ada pengaruh. Wong sudah keluar dari PDIP,” katanya.

Saat ini PDIP tengah fokus dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang. Partai berlambang banteng moncong putih ini menguatkan barisan di internal partai. PDIP menyatakan akan merebut posisi bupati. Kursi nomor satu di Pemkab Karanganyar ini menjadi harga mati setelah dua periode kehilangan posisi tersebut.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani, mengatakan bergabungnya Rina Iriani ke Partai Perindo diharapkan bisa berjalan se-visi dan misi dengan partainya. Kerja sama tersebut akan bernilai besar untuk Karanganyar ke depan lebih baik.

“Satu dekade ke depan akan banyak tantangan dan perubahan. Pengalaman dan gagasan baru harus dikolaborasi bersama,” kata dia.

Partai Golkar terus menjalin komunikasi dengan partai politik lain. Komunikasi tersebut untuk menentukan arah ke depan dalam konstestasi politik 2024 mendatang.

Diberitakan, sebelumnya kabar mengejutkan datang dari mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih. Setelah lama vakum dari dunia politik, Rina Iriani mantap melabuhkan diri bergabung ke Partai Perindo.

Sekertaris DPD Partai Perindo Karanganyar, Anwar Mustafa, mengatakan Rina telah bertemu dengan Ketua Umum DPP Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Foto pertemuan di Menara MNC Tower Lantai 28 yang berlangsung selama dua jam pada Selasa (28/3/2023) itu juga diunggah Hary Tanoesoedibjo dalam akun resmi instagramnya.

“Sudah bertemu dengan pak Ketua Umum langsung. Beliau bicara panjang lebar selama dua jam. Dan Bu Rina mantap bergabung dengan Partai Perindo,”ungkap Anwar kepada wartawan, Rabu (29/3/2023).

Saat ditanya posisi apa yang diemban Rina Iriani, dia mengaku belum tahu pastinya. Perindo sangat menyambut baik langkah Rina Iriani bergabung ke partainya. Rina Iriani dinilai memiliki karisma sebagai mantan Bupati Karanganyar.

Dua periode menjabat, yakni 2003-2008 dan 2008-2013, Rina memiliki basis massa yang cukup besar di Karanganyar. Bergabungnya Rina Iriani ini akan mampu membantu Perindo dalam memperoleh kursi keterwakilannya di DPRD kabupaten, provinsi hingga pusat.

“Bu Rina siap membantu Perindo. Soal pilkada, beliau belum bersedia mencalonkan diri dalam,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya