SOLOPOS.COM - Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik dengan berpartisipasi dalam Anugerah Pesona Indonesia atau API Awards 2023.

API merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. API tahun menjadi kali kedelapan yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai upaya promosi wisata Indonesia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain itu, penyelenggaraan API bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri/swasta maupun, pemerintahan daerah, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata, dan masif.

Pada API Awards 2023, dua destinasi/atraksi wisata Kota Solo masuk nominasi terbaik yaitu Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran untuk kategori Destinasi Baru dan Atraksi Budaya Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) pada kategori Atraksi Budaya.

Keduanya berpotensi mendongkrak sektor pariwisata dan budaya Kota Solo. Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo, mengatakan warga Solo maupun masyarakat yang menyukai Kota Solo dapat memberikan dukungan dengan melalui SMS Premium, Youtube channel APIaward, atau Instagram @ayojalanjalanindonesia.

“Mohon dukungan serta partisipasi masyarakat dengan memberikan vote. Dukungan dengan memberi like atau comment bisa menambah suara nominasi Kota Solo,” kata dia.

Menurut dia, Kota Solo sedang bersolek sehingga banyak kunjungan wisatawan. Keterlibatan Kota Solo dalam API Awards 2023 ini diharapkan Kota Solo semakin dikenal masyarakat.

“Mereka akan penasaran dengan apa itu Pracima Tuin dan traksi Prajurit Keraton Solo mereka berkunjung ke Solo,” paparnya.

Gembong menjelaskan dukungan suara yang masuk dihitung berdasarkan jumlah like dan comment mulai 1 Juni hingga 30 September 2023. Adapun cara pemungutan suara (voting) dan perhitungan suara sebagai berikut:

1. Via SMS Premium
Pilih dan ketik keyword API 13A untuk nominasi Atraksi Prajurit Keraton dan API 17H untuk nominasi Pracima Tuin.
Kirim ke 99386

2. Via Youtube channel APlaward
– Kunjungi dan subscribe akun APlaward di youtube.com
– Masuk ke tab playlist/ video dan pilih video Atraksi Prajurit Keraton dan Pracima Tuin
– Kemudian klik tombol like dan tuliskan komentar dukungan di kolom comment

3. Via Instagram @ayojalanjalanindonesia
– Kunjungi dan follow akun @ayojalanjalanindonesia di Instagram
– Pilih feed atau gambar nominasi Atraksi Prajurit Keraton dan Pracima Tuin kemudian klik like dan tuliskan komentar dukungan di kolom comment.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya