SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan rusak. (Dok Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Empat ruas jalan di Kabupaten Boyolali digelontor dana bantuan keuangan atau bankeu Provinsi Jawa Tengah atau Jateng untuk peningkatan jalan pada 2023. Total dana yang digelontorkan untuk empat ruas jalan tersebut mencapai Rp18 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Boyolali, Ahmad Gojali, menuturkan keempat ruas jalan itu masing-masing Jalan Temon-Kacangan, Jalan Simo-Klego, Jalan Ngaren-Wonoharjo, dan Jalan Dali-Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Semua anggaran bersumber dari Bankeu Provinsi Jawa Tengah. Jalan Temon-Kacangan Rp5 miliar, Simo-Klego Rp3 miliar, Ngaren-Wonoharjo Rp5 miliar, dan Dali-Karanganyar Rp5 miliar,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (18/5/2023).

Gojali menjelaskan paket pekerjaan perbaikan empat ruas jalan di Boyolali itu dikerjakan pada semester I 2023. Peningkatan Jalan Temon, Simo-Kacangan, Andong, dengan output rigid pavement dengan panjang 1.376 meter, lebar 5 meter, dan tebal 0,2 meter.

Lalu, untuk Jalan Simo-Klego akan ditingkatkan dengan output rigid pavement sepanjang 910 meter, lebar 5 meter, dan tebal 0,2 meter. Ruas jalan Ngaren-Wonoharjo ditingkatkan dengan output rigid pavement. Panjang jalannya 1.290 meter, lebar 4 meter, dan tebal 0,2 meter.

Jalan Dali-Karanganyar juga dengan output rigid pavement sepanjang 1.630 meter, lebar 5 meter, dan tebal 0,2 meter. “Jalan-jalan tersebut perlu ditingkatkan karena mengalami rusak ringan dan berat. Selain itu, jalan tersebut sebagai akses lintas kecamatan,” jelasnya.

Gojali menjelaskan peningkatan ruas jalan di Boyolali berguna untuk meningkatkan struktur yang merupakan kegiatan penanganan untuk dapat meningkatkan kemampuan bagian ruas jalan yang rusak.

Tujuannya agar bagian yang rusak dapat memiliki kondisi mantap kembali. Ia menjelaskan tujuan peningkatan jalan keempat ruas tersebut bertujuan meningkatkan kemantapan jalan.

Seperti jalan yang sebelumnya rusak ringan dan berat menjadi baik sehingga dapat meningkatkan kenyamanan pengguna jalan. “Harapannya nanti selain meningkatkan kenyamanan, juga keselamatan pengguna jalan. Lalu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya