SOLOPOS.COM - Institut Seni Indonesia (ISI) Solo menggelar Wisuda Periode I Tahun 2022 Program Sarjana, Magister, dan Doktor secara daring dan luring di Pendapa GPH Joyokusumo ISI Solo, Jebres, Solo, Kamis (14/4/2022).

Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia atau ISI Solo menggelar Wisuda Periode I Tahun 2022 Program Sarjana, Magister, dan Doktor secara daring dan luring di Pendapa GPH Joyokusumo ISI Solo, Jebres, Solo, Kamis (14/4/2022). Dari 157 wisudawan, 40 di antaranya meraih predikat cumlaude.

Wisuda ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube ISI Surakarta official mulai pukul 09.00 WIB. Sebanyak 157 wisudawan itu merupakan lulusan program Sarjana, Magister, dan Doktor.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sidang senat wisuda diikuti oleh anggota Senat Institut, Rektor, dan Wakil Rektor serta Dekan dan Direktur Pascasarjana, dan 14 wisudawan yang hadir secara langsung merupakan pewakilan dari masing-masing program studi di Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain, dan mahasiswa Program Pascasarjana.

Baca Juga: Selamat, Taufik Murtono Jadi Doktor Ke-62 ISI Solo

Sidang dibuka langsung Ketua Senat ISI Solo Prof. Dr. Hj. Sri Rochana Widyastutieningrum, S.Kar., M.Hum. Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik menyebutkan terdapat 40 orang wisudawan yang memperoleh predikat cumlaude.

Mereka yang memperoleh predikat cumlaude itu, untuk Program Sarjana Terapan, perolehan IPK, rata-rata 3,67 dengan masa studi maksimal 8 semester. Untuk Program Sarjana, perolehan IPK, rata-rata 3,61 dengan masa studi maksimal 9 semester.

Untuk Program Magister, perolehan IPK, rata-rata 3,79 masa studi maksimal 6 semester. Untuk Program Doktor, perolehan IPK rata-rata 3,88, dengan masa studi maksimal 9 Semester.

Kepada para wisudawan yang meraih predikat cumlaude, Dr. Bambang Sunarto, S.Sen., M.Sn., mengucapkan selamat atas prestasinya dalam menempuh pendidikan di ISI Solo.

Baca Juga: Sambut 100 Tahun Persis Solo, DKV ISI Solo Gelar Offside Exhibition

“Di masing-masing program studi terdapat wisudawan yang dinyatakan sebagai lulusan terbaik. Penetapan tersebut berdasarkan IPK dan masa studi untuk masing-masing program studi,” kata Bambang.

Dalam pesannya kepada wisudawan, Rektor ISI Solo, Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M. Hum., menyampaikan harapannya agar lulusan ISI Solo mampu berkarya di wilayah profesional masing-masing dengan tetap menjaga spirit dan etika.

Mereka diminta siap berkarya di berbagai bidang profesi dengan kedalaman keilmuan dan keahlian, penuh integritas, namun tetap melekat dengan akar identitas moral sebagai seorang akademisi. “Mari kita songsong dunia nyata, hidup, bekerja, dan berkarya di tengah-tengah masyarakat,” kata dia.

“Ada tiga prinsip menuju masa depan yang bisa dipegang oleh alumni ISI Surakarta. Pertama, selalu menjaga dialog antarruang agar tidak terfragmentasi. Kedua, menjaga jalinan aksiologis antara ilmu yang telah saudara terima selama studi dengan realitas sosial. Dan yang ketiga, mengembangkan sikap akademik yang terbuka.”

Baca Juga: Bantu Korban Gempa Pasaman Sumbar, BEM ISI Solo Geber Panggung Artist

Para wisudawan diharapkan dapat mempersiapkan diri berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa. Hal ini terutama diperlukan karena Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya