SOLOPOS.COM - Penyerahan piala Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kepada perwakilan Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri, yang meraih juara harapan pada kategori desa wisata berkembang, Minggu (28/8/2023) malam di Jakarta. (wonogirikab.go.id)

Solopos.com, WONOGIRI — Desa Wisata Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, meraih Juara Harapan Kategori Desa Wisata Berkembang pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebelumnya, Desa Conto telah terlebih dahulu lolos asesmen dan masuk nominasi 75 besar Desa Wisata Terbaik dari total 4.500-an desa wisata di Indonesia. Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menparekraf Sandiaga Uno, Minggu (28/8/2023) malam, di Jakarta.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dikutip Solopos.com dari laman wonogirikab.go.id, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, mengatakan anugerah ini layak diterima Desa Conto yang telah mengikuti asesmen ADWI tiga kali berturut-turut.

“Ini adalah kali ketiga Desa Conto mengikuti ADWI, dan kemarin Desa Conto lolos 75 besar desa wisata terbaik se-Indonesia,” katanya.

Setelah dilakukan visitasi dan scoring atau penilaian oleh tim penilai ADWI pada Mei hingga Juli, lanjut Haryono, Disporapar Wonogiri diundang untuk menghadiri Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 sekaligus menerima penghargaan sebagai Juara Harapan kategori Desa Wisata Berkembang 2023 untuk Desa Conto.

Haryanto menambahkan penilaian desa wisata tidak semata soal ada tidaknya destinasi wisata di suatu desa, tetapi lebih menekankan pada pengembangan paket wisata yang mampu menonjolkan keunikan dan kekhasan tertentu sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

“Jadi desa wisata ini bukan menilai destinasi wisatanya di desa itu. Di Conto tidak semata-mata menilai Goa Resi-nya, tetapi tim juri menganalisis bagaimana upaya pengembangan paket wisata desa yang ditawarkan kepada masyarakat,” tuturnya.

Penilaian ADWI di Desa Conto, Wonogiri, meliputi pengelolaan Goa Resi, kolam renang, kebun kopi, kuliner, pengembangan homestay, kemudahan akses transportasi, kelengkapan fasilitas publik, pengembangan budaya, dan lain sebagainya.

“Alhamdulillah score kita [Desa Conto] cukup tinggi dan meraih peringkat keempat pada kategori Desa Wisata Berkembang,” imbuhnya. Haryanto mengatakan akan terus mendorong pengembangan desa wisata lainnya di Wonogiri.

Selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, juga untuk mengenalkan potensi wisata Kabupaten Wonogiri di kancah nasional. “Penghargaan ini akan kami jadikan stimulan untuk desa-desa lainnya,” ujarnya.

Hanya 2 Desa di Soloraya

Ia menambahkan banyak potensi desa wisata di Kabupaten Wonogiri, namun memang belum semua dikembangkan menjadi industri kreatif. Dengan diraihnya penghargaan oleh Desa Conto, Haryanto mengatakan akan berupaya terus mendorong pengembangan potensi desa wisata di Wonogiri.

Ia pun berharap desa wisata di Wonogiri akan dikenal dan mampu bersaing di kancah nasional.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diunggah di laman kemenparekraf.go.id, desa wisata terbaik ajang ADWI 2023 diraih Desa Wisata Ketapanrame, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kemudian Desa Wisata Terfavorit diraih Desa Wisata Cipta Karta, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Selain itu ada beberapa kategori penghargaan seperti kategori daya tarik pengunjung, kategori homestay dan toilet.

Lalu kategori digital dan kreatif, kategori souvenir, kategori kelembagaan desa wisata dan CHSE, kategori desa wisata rintisan, dan desa wisata berkembang. Desa Conto, Wonogiri, meraih juara harapan pada kategori desa wisata berkembang.

Juara I pada kategori itu diraih Desa Wisata Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Sumatra Barat. Juara II diraih Desa Wisata Kamwis Purbayan, Kota Yogyakarta, DIY, dan juara III diraih Desa Wisata Kwau, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Juara harapan pada kategori desa wisata berkembang, selain Desa Conto, Wonogiri, ada Desa Purwabakti, Kabupaten Bogor, Jawa Barat; Desa Sambongrejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah; Desa Sani Sani, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, dan Desa Kenderan, Kabupaten Gianyar, Bali.

Di Soloraya, hanya ada dua desa yang mendapat penghargaan pada ajang ADWI 2023 yaitu Desa Conto di Wonogiri dan Desa Sidowarno di Klaten. Desa Sidowarno menjadi juara IV pada Kategori Souvenir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya