SOLOPOS.COM - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyerahkan sertifikat hak cipta lagu Satu Jiwa, lagu Anthem Persis Solo, Rabu (20/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Hak cipta lagu Satu Jiwa, yang merupakan anthem Persis Solo, telah tercatat di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Para suporter Persis Solo tak perlu khawatir lagu tersebut dijiplak atau diambil tanpa izin.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penyerahan surat pencatatan hak cipta lagu tersebut dilakukan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, kepada vokalis band The Working Class Symphony, Hendra Gunawan alias Zoel sebagai pencipta.

Surat pencatatan diberikan saat Menkumham menggelar kegiatan roadshow bertajuk Yasonna Mendengar yang diselenggarakan di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Rabu (20/7/2022).

Pada kesempatan itu Yasonna juga mengapresiasi vokalis band indie tersebut yang telah mempunyai kesadaran tinggi untuk menghargai hasil cipta dan karyanya.

Baca Juga: Launching Tim & Jersey Persis Solo Hanya Online, Ini Jawaban Manajemen

Dia menjelaskan kekayaan intelektual seperti hak cipta, merek, paten, desain industri, maupun indikasi geografis perlu dilindungi agar tidak terjadi klaim oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Tentunya [ini] dapat menjadi salah satu alat bukti saat terjadi pelanggaran,” jelas Yasonna.

Dengan begitu suporter Persis Solo tidak perlu lagi khawatir lagunya ditiru atau diambil tanpa izin.

Mengingat, keberadaan anthem dari sebuah klub sepak bola sungguh punya nilai yang teramat sakral. Tidak sekadar sebagai alat untuk menunjukkan eksistensi, tetapi juga sebagai alat untuk mendekatkan diri dengan suporter dan mengukuhkan identitas.

Pada kesempatan yang sama, Menkumham Yasonna juga memberikan empat surat pencatatan hak cipta Para Games atas nama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Keempat hak cipta tersebut yakni logo ASEAN Para Games XI Tahun 2022, Pictogram cabang olahraga yang dipertandingkan pada ASEAN Para Games XI Tahun 2022, Buku panduan rencana induk penyelenggaraan ASEAN Para Games XI Tahun 2022, serta Maskot ASEAN Para Games XI Tahun 2022 yaitu Rajamala.

Surat penyerahan diserahkan secara simbolis kepada Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga menjabat Ketua Pelaksana Indonesia ASEAN Para Games Organizing Comittee (INASPOC).

Sementara itu Zoel dalam acara tersebut menyampaikan lagu Satu Jiwa diciptakannya pada 20 Mei 2012. “Saya punya data rekam jejaknya [untuk menguatkan lagu tersebut adalah karyanya],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya