SOLOPOS.COM - Hasbindi Haris Prasetyo, 26, Wakil Ketua Bidang Penggalangan Strategi Kelompok Milenial AMPG Kota Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tak hanya dari PDIP, tokoh muda dan wajah baru juga muncul dari jajaran kader Partai Golkar Solo yang siap bertarung sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2024.

DPD Partai Golkar Solo telah menjaring sejumlah nama untuk bertarung di kontestasi Pemilu 2024. Salah satunya ada sosok Hasbindi Haris Prasetyo yang akrab disapa Haris. Pemuda 26 tahun kelahiran Solo, 24 November 1996, itu bakal maju untuk posisi anggota DPRD Jateng.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Saat berbincang dengan Solopos.com melalui telepon seluler, Rabu (2/11/2022), Haris mengaku pencalonan dirinya atas usulan dari DPD Partai Golkar Solo, DPD Partai Golkar Sukoharjo, DPD Partai Golkar Klaten, serta DPP MKGR.

“Saya ikut pencalonan Legislatif 2024. Dari DPD Golkar Solo, DPD Golkar Sukoharjo, DPD Golkar Klaten mengusulkan saya sebagai fungsionaris DPRD Jateng. Juga DPP MKGR, badan sayap Golkar mengusulkan saya pencalegan di Jateng,” ujarnya.

Berbeda dengan partai politik (parpol) lain, menurut pemuda asli Solo itu, saat ini Partai Golkar masih menggunakan istilah fungsionaris, bukan bakal caleg. Walaupun secara makna sebenarnya sama dengan istilah bacaleg di parpol lain.

Baca Juga: Menuju 2024, Wajah Baru Bermunculan di Daftar Bacaleg PDIP untuk DPRD Solo

“Beda nama saja menurut saya. Mungkin di partai lain pakai istilah bacaleg. Kalau di Partai Golkar pakai fungsionaris,” urainya. Sedangkan untuk daerah pemilihan (dapil), Haris akan maju dari Dapil VII yang meliputi Solo, Sukoharjo, dan Klaten.

Pemuda yang tinggal di Sekip, Banjarsari, Solo, itu mengaku sudah melakukan pergerakan lapangan untuk menggalang dukungan. Seperti dengan menggelar berbagai kegiatan sosial pembagian bahan kebutuhan pokok (sembako) di dapilnya.

Sapa Jumat Berkah

“Saya juga saat ini terus aktif berkegiatan sosial seperti pembagian sembako, telur ayam. Saya juga rutin untuk saat ini pembagian yang diutamakan untuk saya memang beberapa [lokasi] yang nantinya sebagai basis saya sudah melakukan, dan umumnya masyarakat di dapil saya,” ungkapnya.

Kader muda Partai Golkar Solo yang akan maju sebagai fungsionaris atau caleg DPRD Jateng itu juga mengaku telah meluncurkan program Sapa Jumat Berkah atau Sarapan Pagi Jumat Berkah.

Baca Juga: Golkar Solo Usulkan Gibran Maju Jadi Cagub Jateng 2024: Kinerjanya Luar Biasa

Lewat program itu ia membagikan air mineral dan makanan kepada warga di lokasi sekitar pinggir jalan protokol Solo, Sukoharjo dan Klaten. Tak lupa dia menggandeng sejumlah ormas yang dikenalnya.

“Juga dari lini klien, partner bisnis saya di Soloraya. Saya juga melakukan beberapa program seperti pengajian bersama, seperti kemarin saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW saya datang ke beberapa tempat di dapil saya,” terangnya.

Haris mengaku sengaja terjun ke dunia politik dan maju pada Pemilu 2024 untuk memperluas spektrum atau kiprahnya di masyarakat. Dengan menjadi bagian pemerintahan, menurutnya, bisa ikut menentukan arah pembangunan ke depan.

“Supaya saya bisa lebih luas lagi dalam membantu masyarakat pada umumnya dan khususnya masyarakat di dapil saya, dan membuat program-program yang pro rakyat. Ikut mengeluarkan sebuah kebijakan dalam program pemerintahan dan berkontribusi positif untuk masyarakat,” urainya.

Baca Juga: Dapat SK dari DPC PDIP, Banteng Muda Indonesia Solo Tancap Gas di Pemilu 2024

Pengusaha Kuliner

Selain itu, fungsionaris atau bakal caleg dari Partai Golkar Solo itu mengatakan tantangan ke depan bangsa Indonesia makin berat. Diperlukan pemikiran yang selaras dengan generasi masa kini agar bangsa Indonesia bisa terus eksis dan berkembang.

Adapun, terkait pencalonan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, sebagai calon presiden (capres), Haris mengaku tetap tegak lurus sesuai dengan arahan DPP.

Sebagai fungsionaris atau caleg DPRD Provinsi Jateng, ia siap mendukung, menyukseskan, dan menjadi garda terdepan untuk pemenangan kepala daerah yang diusung Partai Golkar provinsi dan kabupaten/kota di Dapil VII yaitu Solo, Sukoharjo, dan Klaten.

Haris adalah alumnus S1 Universitas Bina Nusantara Tangerang, dan saat ini melanjutkan S2 Manajemen di Solo serta S2 Manajemen Hukum di Jakarta. Walau masih kuliah, dia telah terjun ke dunia bisnis dengan mengelola tempat kuliner.

Baca Juga: Ganjar Dipasangkan Emil Maju Pilpres 2024, Ketum PAN: Sangat Pantas & Layak

“Sekarang ini saya pengusaha muda di bidang kuliner, salah satunya di D’Lawu Bistro and Mountain Cottage di Karanganyar. Sedangkan di organisasi partai saya Wakil Ketua Bidang Penggalangan Strategi Kelompok Milenial AMPG,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya