SOLOPOS.COM - Mahasiswi Fakultas Hukum (FH) Unisri Solo Angkatan 2020, Rachel Elicasema, terpilih menjadi salah satu Duta Maritim Indonesia Tahun 2023 Angkatan III yang diselenggarakan Aspeksindo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Seorang mahasiswi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Rachel Elicasema, terpilih menjadi salah satu Duta Maritim Indonesia Tahun 2023 Angkatan III yang diselenggarakan Aspeksindo.

Rachel menjadi wakil dari Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam menyebarluaskan berbagai informasi kemaritiman, baik nasional maupun internasional. Kepada Solopos.com, dia merasa bangga atas pencapaian itu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Keberhasilan menjadi Duta Maritim Indonesia 2023 berbekal situation, task, action dan result atau STAR,” ujar dia, Selasa (8/8/2023). Rachel sendiri merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Unisri angkatan 2020.

Dia mengaku telah bekerja keras untuk bisa menjadi Duta Maritim Indonesia. Sebab persaingan untuk mendapatkan kepercayaan tersebut terbilang ketat. Para kompetitor dia dari berbagai daerah di Nusantara.

Rachel mengatakan sebagai anak muda dirinya harus peka terhadap situasi di sekitarnya. Jika melihat hal-hal yang tidak sesuai harapan, anak muda harus berani membuat gerakan dan menjadi advokat utama di situ.

“Anak muda harus membuat gerakan dan menjadi advokat utama dalam mempromosikan praktik-praktik keberlanjutan sektor maritim, dengan melakukan aksi, walau pun aksi itu hanya sederhana,” tutur dia.

Rachel menjelaskan anak muda harus bisa memberikan dampak positif atau kemanfaatan bagi lingkungannya. Di sektor kemaritiman, menurut dia masih banyak warga belum paham perlunya tindakan kolektif.

Tindakan bersama untuk menjaga keberlanjutan dan melindungi lingkungan laut, termasuk di kalangan anak muda. Dengan kondisi itu Rachel terpanggil untuk mengikuti pemilihan Duta Maritim Indonesia 2023.

Kegiatan itu digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo). Para Duta Maritim 2023 bertugas menyosialisasikan program kemaritiman nasional dan internasional.

“Saya ingin mengambil bagian langsung dalam memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan laut, dengan meningkatkan kesadaran akan potensi maritim Indonesia,” urai dia.

Rachel telah menyiapkan sejumlah program untuk menyosialisasikan kemaritiman di kalangan pelajar dan mahasiswa. Seperti program Ngasik atau Ngopi Asyik yang dikemas diskusi santai tapi menarik. Rachel juga akan bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan di tingkat nasional maupun internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya