SOLOPOS.COM - Empat pimpinan RSSG Sragen (batik warga merah) menerima penghargaan Top BUMD Awards 2023-Bintang 5 yang digelar di Hotel Raffles Lantai XI Jakarta, Rabu (5/4/2023). (Istimewa/RSUD Gemolong)

Solopos.com, SRAGEN — RSUD dr. Soeratno Gemolong (RSSG) Sragen berhasil meraih prestasi bintang lima dalam ajang BUMD Award terbesar di Indonesia yang digelar di Hotel Raffles Lantai XI Jakarta, Rabu (5/4/2023) lalu. RSUD Gemolong mendapat predikat Top BUMD/BLUD Awards 2023 kategori RSUD.

Penghargaan itu diberikan bagi badan layanan umum daerah (BLUD) yang berhasil melewati penilaian dalam beberapa tahap.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Direktur RSUD Gemolong, Kinik Darsono, mengungkapkan Top BUMD Award itu diselenggarakan Institut Otonomi Daerah (I-Otda) yang menggandeng Majalah Top Business. Tim juri ada 15 orang dan sembilandi antaranya merupakan professor. Ajang prestasi ini diikuti 208 badan usaha milik daerah (BUMD) dari total 1.056 BUMD di Indonesia.

“Ini penghargaan BUMD terbesar di Indonesia. Kegiatan Top BUMD Award ini digelar setiap tahun sekali. Tahun ini merupakan tahun ke delapan. Seperti yang disampaikan Ketua Dewan Juri Prof. Djohermansyah Djohan, kriteria penilaian mengacu pada empat aspek penting,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu (8/4/2023), .

Aspek yang dinilai di antaranya meliputi aspek pencapaian kinerja bisnis yang baik dan berkelanjutan dan aspek BUMD yang terus melakukan perbaikan atau improvement. Aspek ketiga berupa kontribusi BUMD dalam pembangunan daerah, dan keempat adalah aspek inovasi BUMD untuk mendukung bisnis agar tumbuh berkelanjutan.

“Untuk bisa mendapatkan kriteria level bintang 5 atau tertinggi, BUMD/BLUD harus menjadi contoh atau inspirasi bagi BUMD lainnya. Jadi BUMD bintang 5 itu harus memiliki kinerja bisnis yang sangat baik,” katanya.

Dia menerangkan RSUD Gemolong merupakan satu-satunya BLUD yang kali pertama mengikuti ajang itu dan langsung mendapatkan bintang 5. Dalam ajang itu, kata Kinik, Bupati Sragen juga mendapat penghargaan sebagai Top Pembina RSUD 2023. “Keberhasilan RSUD Gemolong tidak lepas dari dukungan dan peran kepala daerah,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya