SOLOPOS.COM - Siswa SMPN 3 Cepogo Satu Atap saat lomba Krenova Boyolali pada Mei 2023. (Istimewa/SMPN 3 Cepogo Satu Atap)

Solopos.com, BOYOLALI — Sabun susu kesehatan atau disingkat Sasuke karya siswa SMPN 3 Cepogo Satu Atap, Boyolali, berhasil menjadi juara III dalam lomba Kreativitas dan Inovasi atau Krenova kategori pelajar di Boyolali.

Sabun itu dibuat oleh siswa program ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) sekolah itu. Kepala SMPN 3 Cepogo Satu Atap, Sriyanta, menyampaikan prestasi itu membuktikan sekolah di lereng Gunung Merbabu tersebut tidak kalah bersaing dengan sekolah di perkotaan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain Krenova, pelajar sekolah itu juga menjuarai beberapa lomba lain. “Menurut saya ini sebuah prestasi yang luar biasa, apalagi saingan kami waktu itu tidak hanya anak SMP, tapi juga pelajar dari SD-SMA. Kami bisa menjadi juara III dengan inovasi sabun susu kesehatan,” ujar Sriyanta saat berbincang dengan Solopos.com di kantornya, Senin (14/8/2023).

Ia menceritakan karya siswa SMPN 3 Cepogo Satu Atap Boyolali tersebut melaju ke Krenova tingkat provinsi. Namun, belum membuahkan hasil. Sriyanta tetap mengapresiasi pencapaian siswanya tersebut.

Sriyanta membeberkan beberapa prestasi SMPN 3 Cepogo antara lain juara II lomba cerita bergambar tingkat kabupaten pada 2022, juara harapan III Unit Pengendalian Gratifikasi Kabupaten Boyolali 2022, dan berbagai lomba lain.

Ia juga menceritakan pada 2022, karya guru SMPN 3 Cepogo Satu Atap juga mendapatkan juara II Krenova Boyolali. “Yang maju pada 2023 siswa, dapat juara III. Pada 2022 yang maju gurunya, beliau Pak Bayu Romli, yang juga mendampingi siswa yang maju 2023 ini,” kata dia.

Terpisah, pembina ekstrakurikuler KIR sekaligus guru Bahasa Inggris, Bayu Romli Idris, membenarkan terkait pencapaiannya dan anak didiknya di ajang Krenova. Ia menceritakan inovasi siswanya dalam pembuatan Sasuke bermula dari melimpahnya susu segar di sekitar sekolah.

Selain itu, ada campuran lengkuas juga sehingga anak didiknya terinspirasi membuat sabun susu kesehatan. Selain dari melimpahnya bahan pokok, tim KIR SMPN 3 Cepogo Satu Atap Boyolali juga menilai masih kurangnya kebersihan beberapa siswa karena sering gatal-gatal.

4 Bulan Persiapan

Dari situ terwujud lah sabun kesehatan berbahan lengkuas dan susu. “Setelah juara Krenova kemarin, alhamdulillah kami dipercaya Bappeda untuk ikut pameran di Salatiga pada 1-3 September,” jelas dia.

Bayu menceritakan inovasinya yang juga menjadi juara Krenova pada 2022 lalu yakni aplikasi berbasis Android untuk pembelajaran jarak jauh bernama Mbolali Metal atau Media Belajar Online Siswa Boyolali untuk Meningkatkan Literasi Digital.

Ide penciptaan Bayu pada saat itu karena pandemi Covid-19 dan pembelajaran di sekolah beralih ke daring. “Alhamdulillah, pada 2023 ini mewakili Boyolali untuk maju di Innovative Government Awards di tingkat nasional, untuk hasilnya belum,” kata dia.

Sementara itu, salah satu siswa SMPN 3 Cepogo Satu Atap Boyolali pembuat sabun susu kesehatan, Sekar Rosma Ningrum, mengatakan ia maju bersama dua orang temannya bernama Anjar Pamuji dan Ananda Deva P. Semuanya adalah siswa kelas IX A.

Mereka telah menyiapkan lomba Krenova Boyolali selama empat bulan mulai Januari 2023 hingga final pada Mei 2023. Sehingga, mereka mengikuti lomba saat kelas VIII.

Sekar mengungkapkan untuk proses pembuatan Sasuke bermula dari pembekuan susu yang telah diberi bahan campuran lengkuas. Selanjutnya dicampur dengan soda api dan dicampurkan pula minyak zaitun dan virgin coconut oil.

Lalu, campuran bahan tersebut diaduk hingga mengental dan selanjutnya ditambahkan essential oil. Setelah itu ditaruh di cetakan khusus lalu dibiarkan selama satu pekan.

Ia menjelaskan sabun Sasuke dibanderol dengan harga mulai Rp15.000-Rp25.000 per biji. Saat presentasi Krenova, banyak sekali pembeli yang berminat. Namun, saat ini sabun tersebut baru digunakan di kalangan internal sekolah.

“Untuk kendala pembuatan kadang di pembekuan susu, kalau belum beku sekali tapi dicampur soda api ya susah, tapi dibimbing oleh Pak Bayu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya