SOLOPOS.COM - Serangkaian acara saat penandatanganan MoA oleh Rektor UMS, Sofyan Anif dan President Tongmyong University, Chun Ho Hwan (kacamata) dalam peringatan hari jadi ke-64 UMS di Gedung Edutorium UMS, Senin (24/10/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Surakarta yang beralamat di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, bakal menjalin kerja sama dengan Tongmyong University. Rencananya perkuliahan perdana akan dibuka pada 2023.

Ketua Panitia Hari Jadi UMS, Kelik Wardiyono mengatakan kerja sama tersebut secara resmi dituangkan dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani di Gedung Edutarium KH Ahmad Dahlan, Senin (24/10/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Salah satu kesepakatan yang diperoleh dengan Tongmyong University dan UMS akan membuka semacam cabang [kampus] di Tongmyong University. Hari ini penandatanganan secara resmi. President Tongmyong University hadir memberikan kuliah umum sekaligus menandatangani MoA,” terang Kelik Wardiyono di sela kegiatan tersebut, Senin.

Pada usia ke-64 ini, UMS mengusung tiga tagline yakni mencerahkan, unggul, dan mendunia. Tentu hal itu memiliki makna khusus di antaranya mencerahkan dianggap sebagai representasi tagline muktamar yaitu sebagai bagian dari islam berkemajuan.

Harapannya, agar semua anggota Muhammadiyah bisa menerapkan konsep Rahmatan lil ‘Alamin yakni rahmat bagi semesta alam.

Baca juga: Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

“Unggul, harapannya semua program studi bisa memenuhi standar akreditasi unggul sehingga bisa bersaing dengan berbagai perguruan tinggi di dunia. Sedangkan mendunia merupakan bagian dari gerakan Muhammadiyah untuk internasionalisasi,” urai Kelik.

Realisasi internasionalisasi dapat dilihat pada keterlibatan mahasiswa asing sebagai motor kegiatan tersebut. Misalnya MC, kemudian pembacaan tilawah, penari dan penerima tamu dibawakan oleh mahasiswa asing.

Sementara peserta kegiatan berasal dari semua dosen dan tenaga pendidik dan juga melibatkan seluruh mahasiswa semester satu.

“Kemudian berikutnya internasionalisasinya kami mencoba menjalin kerja sama dengan institusi lain. Termasuk menyuksekskan muktamar, menyukseskan [penerimaan mahasiswa baru] PMB karena PMB akan dimulai bulan depan,” jelas Kelik.

Sementara itu, President Tongmyong University, Chun Ho Hwan menyampaikan jurusan yang akan dibuka Universitas Tomyong di UMS adalah IT atau teknologi informasi dengan beberapa kompetensi seperti software dan keamanan informasi.

Baca juga: Gelar Wisuda Drive Thru, UMS Luluskan 1.759 Orang dari 60 Prodi

Dia mengatakan  kurikulum apa yang akan diberikan di UMS perlu didiskusikan terlebih dahulu tapi secara mendasar, subjek-subjek program harus dapat dipraktikkan di Indonesia.

Dia berharap kerja sama itu dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang mau belajar mengenai IT. Mengingat universitas yang berada di Busan, Korea Selatan itu dianggap sangat maju dalam bidang IT juga dalam hal konduktor, perangkat lunak juga komputer.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya