SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengecek kendaraan ambulans saat apel persiapan jelang arus mudik Lebaran di halaman Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (13/4/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Puluhan ambulans baik kendaraan maupun pengemudinya mengikuti apel dan pemeriksaan di halaman Pendapa Pemkab Klaten, Kamis (13/4/2023). Seluruh ambulans dipastikan layak jalan dengan perlengkapan komplet.

Ada 66 kendaraan ambulans beserta para pengemudinya yang mengikuti apel dalam rangka kesiapan arus mudik Lebaran 2023. Ambulans itu berasal dari berbagai fasilitas kesehatan meliputi rumah sakit, puskesmas, serta klinik.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Tahun ini luar biasa persiapannya. Covid-19 sudah bisa dikendalikan dan diprediksi pemudik meningkat banyak. Untuk itu butuh kesiapan dari berbagai bidang untuk menyambut pemudik termasuk dari kesehatan,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui wartawan di sela apel ambulans.

Mulyani memastikan seluruh ambulans di Klaten sudah siap dan layak jalan saat arus mudik Lebaran nanti. “Semuanya sudah ready, sudah siap baik mobilnya maupun driver. Harus siap siaga 24 jam dengan menempatkan petugas dalam sif. Tidak hanya mobilnya yang siap tetapi driver serta tenaga kesehatannya juga,” kata Mulyani.

Sementara itu, sebagian ambulans serta tenaga kesehatan dari rumah sakit, puskesmas, serta klinik bakal disiagakan di pos kesehatan selama arus mudik dan balik Lebaran pada 17 April 2023 hingga 27 April 2023.

Ada enam pos yang disiapkan masing-masing di Prambanan, Alun-alun Klaten, Delanggu, Jatinom, Terminal Ir Soekarno, serta Balai Desa Tegalyoso.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan seluruh fasilitas kesehatan terdiri dari 12 rumah sakit, 34 Puskesmas, dan 41 klinik disiagakan selama mudik dan balik Lebaran. “Kami lakukan apel pagi ini untuk memastikan kesiapan petugas dan ambulans,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya