SOLOPOS.COM - Fachrudin (Istimewa/Instagram @fachrudinaryantofc)

Solopos.com, KLATEN — Fachrudin yang menjadi bek tangguh Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ternyata membuka sekolah sepakbola bernama Fachrudin Academy (FA) di Tambakboyo, Pedan, Klaten, sejak beberapa waktu terakhir. Salah seorang anak didiknya sudah diminati sebagai pemain junior di klub profesional yang berlaga di Liga 1 Indonesia.

Daryoto, selaku ayah dari Fachrudin, mengatakan FA sudah dirintis Fachrudin sejak satu tahun terakhir. Hingga sekarang, FA memiliki dua kelompok umur (KU). Masing-masing kelas, yakni KU-13 dan KU-15.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Baca Juga: Tembok Kokoh Timnas Indonesia Itu Ternyata Wong Ceper Luur

Jumlah siswa di setiap KU dibatasi hingga 25 orang. Di FA, Fachrudin berperan selaku owner atau CEO. Bertindak sebagai kepala pelatih di FA, yakni Nanang Kurniawan. Saat masih kecil, Fachrudin dan Nanang Kurniawan sama-sama belajar sepakbola di SSB Tambakboyo, Pedan, Klaten.

“Sudah ada satu siswa [Rizal] yang diminati tim Madura United. Posisinya juga bek. Sama seperti Fachrudin,” kata Daryoto, saat ditemui Solopos.com di Bakalan RT 002/RW 002, Ceper, Klaten, Senin (20/12/2021) sore.

Hal senada dijelaskan Tomi Anggoro selaku admin medsos FA. Akademi yang digagas Fachrudin sudah diminati banyak siswa tak hanya dari Klaten, tapi sudah menjangkau berbagai daerah di luar Klaten seperti Sragen, Boyolali, Karanganyar, dan Jogja.

Baca Juga: Timnas Indonesia Menang, Susanti dari Upin Ipin Trending di Twitter

“Untuk masuk ke FA itu harus diseleksi terlebih dahulu. Di awal-awal dulu, peminatnya ada 100 orang lebih. Setelah diseleksi, yang lolos sekitar 25 orang. Jadi, siswa yang masuk tidak sembarangan. Harus sudah punya basic yang kuat terlebih dahulu,” katanya.

Tomi Anggoro mengatakan filosofi di FA yang diajarkan ke para siswa, yakni setiap siswa di antaranya harus manut, telaten, tekun, dan disiplin. Banyaknya pemain sepak bola cilik bergabung di FA karena sosok Fachrudin yang sudah menembus pemain elite di Tanah Air.

“Jadwal latihan di Lapangan Tambakboyo setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu. Waktu latihan biasanya pukul 14.00 WIB-16.00 WIB,” katanya.

Baca Juga: Kunci Kemenangan Indonesia atas Malaysia: Tetap Tenang saat Ketinggalan

Sebagaimana diketahui, Fachrudin yang menjadi salah seorang bek tangguh Timnas Indonesia besutan Shin Tae Yong (STY) di Piala AFF 2020 ternyata berasal dari Kecamatan Ceper, Klaten. Rencananya, Timnas Indonesia akan melakoni partai semifinal Piala AFF 2020. Leg I semifinal berlangsung, Rabu (22/12/2021). Sedangkan leg II semifinal berlangsung, Sabtu (25/12/2021).

“Setiap akan bertanding, baik di Timnas atau pun di klub, Fachrudin pasti menelepon saya dan ibunya. Istilahnya minta doa restu. Saya hanya berpesan kepada dia agar selalu manut dengan instruksi pelatih. Saya berharap, Timnas Indonesia bisa juara di Piala AFF 2020,” kata Daryoto selaku ayah dari Fachrudin.

Baca Juga: Indonesia Lumat Malaysia, Shin Tae-yong: Terima Kasih Para Pemain!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya