SOLOPOS.COM - Wali Kota Gibran Rakabuming Raka meminta masyarakat waspada dan polisi tingkatkan patroli di sekitar kampus UNS Kentingan menyusul aduan warga di ULAS tentang maraknya pencurian. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah menerima aduan mengenai barang hilang yang diduga akibat pencurian di sekitar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Keamanan akan ditingkatkan salah satunya dengan patroli polisi.

“Nanti saya pertegas lagi ya, ini mesti [aduan pencurian] dari cah-cah kosan. Nanti Kapolresta ikut memonitor. Laporan sudah masuk ke kami,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Selasa (23/5/2023) siang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Gibran mengatakan malingnya pinter bisa mengambil barang di indekos waktu siang. Tim Sparta Polresta Solo bisa melakukan patroli berkala untuk meningkatkan keamanan di kawasan UNS.

Dia mengapresiasi upaya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo membuat Kanal Kehilangan UNS. Pemkot Solo siap membantu BEM UNS menindaklanjuti aduan barang hilang yang dilaporkan ke kepolisian. “Di lis barang yang hilang lalu dilaporkan, nanti tak bantu deh,” ungkap Gibran.

Adapun Gibran telah menerima aduan warga terkait barang hilang yang diduga akibat pencuri di sekitar UNS. Aduan itu disampaikan warga melalui Unit Layanan Aduan Masyarakat (ULAS), ada tiga aduan yang disampaikan warga selama 1 Mei sampai 22 Mei 2023.

Salah satunya laporan atas nama Fadhel Maulana Syahputra yang menjelaskan marak kemalingan di area UNS akhir-akhir ini. Laptop beserta kardusnya kemalingan di Kos Wisma Abil, Jebres sekitar pukul 12.00 WIB sampai 15.00 WIB. Dia telah membuat aduan ke Polresta Solo.

Terlepas itu kasus seperti ini juga masih marak di area UNS semoga ada tindakan yang tegas dari kasus seperti ini agar pencurian menurun. Terimakasih,” tulisnya.

Gibran juga menerima aduan mengenai laptop hilang melalui Akun Twitternya @gibran_tweet. Sejumlah netizen memberikan saran untuk keamanan barang-barang berharga di sekitar UNS.

Salah satunya pengguna Twitter @nabilfhm menjelaskan barang elektronik yang hilang susah dilacak. Upaya antisipasi barang dicuri dengan mencari kamar indekos lantai II dan selalu mengunci kamar indekos.

Pengguna Twitter lainnya @saffirr_a menjelaskan untuk tidak tergiur dengan tarif murah indekos. Indekos yang aman terdapat pagar serta memiliki kamar di lantai II atau lantai III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya