SOLOPOS.COM - Wahyu Riyadi & Riska Cahyaningrum terpilih sebagai Duta Wisata Klaten 2012 dalam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Klaten. (Dok/JIBI/Solopos)

 Wahyu Riyadi & Riska Cahyaningrum terpilih sebagai Duta Wisata Klaten 2012 dalam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Klaten. (Dok/JIBI/Solopos)


Wahyu Riyadi & Riska Cahyaningrum terpilih sebagai Duta Wisata Klaten 2012 dalam Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Klaten. (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) mulai membuka pendaftaran peserta seleksi Mas dan Mbak Klaten 2013 di kantor dinas setempat mulai Juli hingga Agustus 2013.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Perwakilan Panitia Bidang Publikasi dan Dokumentasi, Kijo Asmoro, mengatakan pendaftaran seleksi Mas dan Mbak Klaten 2013 dibuka sejak awal Juli lalu. Memasuki pertengahan bulan, jumlah warga yang mengambil blanko pendaftaran baru kurang dari 10 orang.

Pengambilan blanko pendaftaran dilayani di Kantor Disbudparpora di Jl Sulawesi No. 37 Sidowayah, Klaten pada Senin-Jumat mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

“Jika tahun lalu ajang ini diikuti sekitar 75 peserta, tahun ini kami menargetkan jumlah peserta sebanyak-banyaknya. Makin banyak peserta berarti semakin kompetitif,” papar Kijo kepada Solopos.com, Sabtu (13/7/2013).

Syarat

Lebih lanjut, Kijo menjelaskan, syarat pendaftaran pemilihan Mbak dan Mas Klaten 2013 yang akan dinobatkan sebagai Duta Wisata Kabupaten Klaten ini relatif mudah. Beberapa syarat itu meliputi usia peserta minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun, belum menikah per 1 November 2013, memiliki tinggi badan 160 cm untuk wanita dan 170 cm untuk pria, warga asli dari Klaten, berpengetahuan luas, memiliki ketertarikan pada dunia pariwisata maupun budaya dan lain-lain.

“Semua peserta akan melalui empat seleksi meliputi administrasi, tertulis, wawancara serta uji keterampilan dan bakat. Tes tertulis direncanakan 30 Agustus, sementara uji keterampilan dan bakat diselenggarakan sehari berikutnya,” jelas Kijo.

Materi yang diujikan dalam seleksi Mas dan Mbak Klaten 2013 antara lain potensi Kabupaten Klaten meliputi pariwisata, seni, budaya, perdagangan, sosial dan pendidikan. Materi pengetahuan umum dan bahasa yakni Jawa, Inggris dan Indonesia. Materi minat bakat, etika, kepribadian dan penampilan.

Sebelum mengikuti grand final, 10 besar Mas dan Mbak Klaten itu akan dibekali pelajaran tata krama, penampilan, pengetahuan seputar pariwisata dan budaya, dan lain-lain. Dalam grand final nanti, akan dipilih juara I, II, dan III Mas dan Mbak Klaten 2012. Selain itu, dipilih juga pemenang untuk kategori favorit, intelegensia dan fotogenik. “Rencananya grand final digelar September mendatang,” ujar Kepala Disbudparpora Klaten, Sugeng Haryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya