SOLOPOS.COM - Logo PDIP (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – PDIP berpotensi besar menyegel suara terbanyak dalam konstestasi Pemilu 2024 di Kabupaten Sukoharjo. Partai berlambang banteng moncong putih itu juga diperkirakan menambah jumlah kursi di parlemen yang didominasi wajah-wajah baru.

Di Sukoharjo, PDIP merupakan partai terkuat dalam hajatan pesta demokrasi terbesar lima tahunan. PDIP masih perkasa dalam kontestasi politik pada 2024, tak berbeda jauh dibanding Pemilu 2019. Lima tahun lalu, PDIP mampu menguasai lima daerah pemilihan (dapil) di Kabupaten Jamu dan mengamankan 20 kursi di parlemen.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kini, partai berlambang banteng moncong putih itu berpotensi menambah satu kursi di parlemen menjadi 21 kursi. Hal ini mengacu pada penghitungan suara partai berdasarkan salinan formulir C1 pemilih.

“Diperkirakan PDIP menambah satu kursi menjadi 21 kursi. Namun, kami masih menunggu hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. Jadi menunggu resmi diumumkan penyelanggara pemilu,” ujar Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Nurjayanto, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (1/3/2024).

Anggota DPRD Sukoharjo ini menyebut calon legislatif (caleg) pendatang baru atau new comer diperkirkan mendominasi kursi parlemen dari PDIP. Mereka merupakan figur potensial yang memiliki jaringan sukarelawan dan basis massa yang kuat di dapil masing-masing.

Caleg pendatang baru yang diperkirakan lolos di Dapil I meliputi Kecamatan Bendosari, Nguter, dan Sukoharjo di antaranya Sutoyo dan Iwan Gunarto. Dapil II meliputi Kecamatan Weru, Bulu, dan Tawangsari di antaranya Didik Dwi Raharjo.

Dapil III meliputi Kecamatan Kartasura, Gatak, dan Baki diantaranya Debora Melani Rian Astuti. Dapil IV meliputi Kecamatan Grogol di antaranya Pradistya Fikri Bagaskoro, dan Dapil V meliputi Kecamatan Mojolaban dan Polokarto diantaranya Anton Purwo Saputro.

“Banyak wajah baru yang diperkirakan meraih kursi legislatif. Mereka merupakan kader-kader terbaik partai di Sukoharjo,” ujar dia.

Kondisi ini juga dipengaruhi hampir sebagian caleg petahana tidak berniat maju untuk bersaing dengan caleg lain dalam Pemilu 2024. Catatan Solopos.com, sedikitnya enam anggota DPRD dari PDIP tidak kembali maju dalam Pemilu 2024. Mereka yakni Sukardi Budi Martono, Timbul Darmanto, Nindyo Pramono, Umi Sunarsih, Wahyu Mulyani, dan Dalimin.

“Ini bagian dari kaderisasi partai yang berjalan. Regenerasi kader-kader potensial di internal partai untuk menyerap aspirasi dan keinginan masyarakat di tataran akar rumput atau grassroot,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya