SOLOPOS.COM - Petugas mengikat sapi kurban dari Presiden Joko Widodo di Masjid Agung, Solo, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024). Pada Hari Raya Iduladha 1445 H, panitia masjid menyembelih enam ekor sapi dan 11 ekor kambing. (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Masjid Agung Solo memotong enam ekor sapi dan 11 ekor kambing pada Iduladha 1445 H di Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Senin (17/6/2024). Salah satu sapi merupakan pemberian Presiden Jokowi. Sapi tersebut merupakan jenis simmental dengan bobot 1,08 ton.

Sapi dari Presiden Jokowi dipotong paling awal. Memotong sapi dari Presiden Jokowi melibatkan 14 orang. Mereka berbagi tugas merobohkan sapi, menarik tali, memegang kepala sapi, dan bertugas sebagai jagal.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sapi milik Jokowi terus bergerak meskipun petugas jagal sudah menyembelih pada bagian leher. Proses pemotongan hewan kurban dari Presiden itu menjadi tontonan puluhan warga dari anak-anak sampai warga lansia.

Ketua Takmir Masjid Agung Solo sekaligus Rais Syuriah PCNU Kota Solo Muhammad Muhtarom menjelaskan Jokowi selalu memberikan sapi kurban sejak kali pertama menjabat sebagai Wali Kota Solo.

“Terima kasih, kebanggaan kami sebagai warga Solo, presiden alhamdulilah tak lupa dengan Solo. Bahkan tahun ini kalau gak salah tujuh sapi dari Presiden yang disebelih di Solo. Beliau untuk Solo luar biasa. Beliau luar biasa membangun daerah,” papar dia.

Muhtarom mengatakan sapi akan diberikan kepada warga Kauman. Ada tujuh kepanitiaan Iduladha di wilayah Kauman. Kemudian apabila warga Kauman sudah mendapatkan daging kurban, Masjid Agung akan mendistribusikan daging kepada jemaah lainnya.

Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban berupa sapi ke tujuh tempat di Kota Solo pada Iduladha 2024.

Sapi kurban dari Presiden Jokowi didistribusikan ke Masjid Agung, Masjid Al Wusto Mangkunegaran, Masjid Tegalsari Laweyan, Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Az-Zayadiyy, Pondok Pesantren Al Ikhsan Mojosongo, dan Masjid Sheikh Zayed.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menerima sapi dari Presiden Jokowi pada seremonial setelah salat Iduladha. Kemudian Teguh menyerahkan sapi tersebut kepada pondok pesantren maupun masjid terkait.

Terpisah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga memberikan hewan kurban ke sejumlah tempat. Namun Gibran merahasiakan lokasi penerima hewan kurban darinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya