SOLOPOS.COM - Sapi kurban pemberian Presiden Jokowi tiba di Masjid Agung Solo, Selasa (29/6/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Masjid Agung Solo mendapatkan sapi kurban pemberian Presiden Jokowi dan keluarga Presiden ke-2 Soeharto. Dua ekor sapi telah tiba dengan kondisi sehat, Selasa (27/6/2023).

Pantauan Solopos.com di halaman Masjid Agung Solo, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo pukul 15.29 WIB, sapi pemberian Presiden Jokowi sudah ditali di halaman Masjid Agung Solo.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Presiden Jokowi mengirimkan sapi jenis brangus. Sapi warna cokelat itu menjadi perhatian jemaah khususnya anak-anak di halaman Masjid Agung Solo.

Sapi itu dikirim oleh Balai Inseminasi Buatan (BIB) Ungaran. Tim dari Ungaran mengirimkan sapi pemberian Presiden Jokowi untuk Masjid Al Wustho Mangkunegaran selanjutnya ke Masjid Agung Solo, Selasa.

Sementara itu, sapi jenis limosin berbobot 642 kilogram juga sudah ditali Pagongan Masjid Agung Keraton Solo. Sapi itu merupakan pemberian keluarga Soeharto.

Sekretaris Masjid Agung Solo Abdul Basid Rahmat mengatakan tim dari Pemkot Solo mendampingi penyerahan sapi pemberian Presiden Jokowi sekitar pukul 14.45 WIB.

“Menurut data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah sapi dari Presiden Jokowi berbobot 1.008 kilogram. Menurut informasi dalam kondisi sehat,” jelas dia.

Menurut dia, Presiden Jokowi selalu memberikan sapi kurban setiap Iduladha. Sementara keluarga Soeharto baru kali ini memberikan sapi kurban untuk Masjid Agung Solo.

“Sampai hari ini kami sudah ada tiga hewan kurban. Tahun lalu ada delapan biasanya ada pemberian dari pedagang Pasar Klewer dan komunitas pedagang Pekalongan,” ujar dia.

Dia mengatakan penyembelihan hewan kurban dilakukan setelah salat Iduladha, Kamis (29/6/2023). Daging akan diberikan kepada warga sekitar serta kepada fakir miskin.

Dia memprediksi jemaah yang mengikuti salat Iduladha berkurang separuhnya dari biasanya karena ada penyelenggaraan Iduladha Rabu dan Kamis.

“Mungkin diikuti 2.000 sampai 3.000 jemaah,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya