SOLOPOS.COM - Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo. (Istimewa/Instagram)

Solopos.com, SUKOHARJO – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo menyiapkan sederet program kegiatan selama Ramadan. Selain menyediakan takjil setiap hari, ada pula pengajian akbar remaja, lomba-lomba, hingga mendatangkan imam Salat Tarawih dari Palestina, yakni Syaikh Muzhaffar.

Sekretaris Takmir Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo, Ngatiman, mengatakan program kegiatan yang digelar di Masjid Agung tak berbeda jauh dibanding Bulan Puasa tahun lalu. Panitia menyediakan ratusan takjil untuk para jemaah yang berbuka puasa di masjid agung setiap hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Takjil yang disiapkan berupa nasi dan snack serta air minum untuk jemaah yang berbuka puasa bersama di Masjid Agung,” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (12/3/2024).

Panitia juga telah menyiapkan imam untuk memimpin Salat Tarawih dan salat lima waktu selama Bulan Suci. Imam yang memimpin Salat Tarawih merupakan hasil proses seleksi yang dilakukan pengurus takmir masjid. Salah satu imam yang memimpin Salat Tarawih didatangkan dari Palestina.

“Kalau tidak salah nanti imam asal Palestina akan memimpin Salat Tarawih pada 16 Maret. Salah tarawih itu bertajuk Ramadan di Balik Puing-Puing Gaza,” ujar dia.

Berbeda dengan Ramadan 2023, PHBI Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo bakal menggelar pengajian akbar untuk para pemuda se-Kabupaten Sukoharjo. Jumlah peserta yang diperkirakan menghadiri acara tersebut kurang lebih 1.000 orang.

Sementara iktikaf selama 10 hari terakhir Bulan Puasa juga digelar di Masjid Agung. Ngatiman memperkirakan iktikaf di Masjid Agung bakal diikuti ratusan orang. “Ada juga lomba dan santunan anak yatim dan fakir miskin yang menjadi kegiatan rutin saat Ramadan. Ada beberapa donatur yang menyumbang dana untuk diberikan kepada anak yatim dan fakir miskin,” urai dia.

Lebih jauh, Ngatiman menambahkan PHBI Masjid Agung Baiturrahmah Sukoharjo juga akan menyelenggarakan Salat Idulfitri yang rencananya diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sukoharjo. Mereka dijawalkan menunaikan Salat Idulfitri di Masjid Agung bersama ribuan umat Islam di Kabupaten Jamu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya