SOLOPOS.COM - Masjid Baiturrahman Sukoharjo. (Bony Eko Wicaksono/JIBI/Solopos)

Masjid Agung Sukoharjo, Pemkab Sukoharjo berencana membangun total Masjid Baiturrahman menjadi Masjid Agung Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO–Kabar rencana pembangunan Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo yang terletak di Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo berhembus sepekan ini. Kemungkinan proyek pembangunan masjid agung dikerjakan pada 2017 mendatang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo yang berada di pinggir Jl. Slamet Riyadi santer dikabarkan bakal dibangun lebih representatif. Para pengurus takmir Masjid Agung Baiturrahman bakal melakukan pertemuan pada Jumat (11/3/2016). Pertemuan itu untuk membahas rencana pembangunan masjid agung. Pertemuan itu bakal dihadiri para pengurus takmir masjid agung dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sukoharjo.

Rencananya, pengurus takmir masjid agung yang menghadiri pertemuan itu antara lain Madyo Eko Susilo, Bambang Margono, dan mantan Wakil Bupati Sukoharjo, Haryanto. Sementara pengurus MUI Sukoharjo yang menghadiri pertemuan itu adalah Ihsan Muhadi yang menjabat sebagai Sekretaris MUI Sukoharjo.

Sekretaris MUI Sukoharjo, Ihsan Muhadi, mengatakan rencana pembangunan masjid agung bakal dibahas secara mendalam oleh para pengurus takmir. Pembahasan difokuskan pada berbagai hal yang berkaitan erat dengan rencana pembangunan masjid agung. Dia belum mengetahui secara jelas substansi pembahasan rencana pembangunan masjid agung.

“Saya belum tahu rencana pembangunan masjid agung secara detail. Nanti bakal dibahas lebih lanjut saat pertemuan pada Jumat,” kata dia, kepada Solopos.com, Kamis (10/3/2016).

Menurut Ihsan, pembahasan ihwal rencana pembangunan masjid agung bakal digelar berulang kali. Hal ini dilakukan agar perencanaan pengerjaan proyek pmbangunan masjid agung lebih matang. Setelah pembahasan di tingkat takmir masjid agung rampung maka selanjutnya dilaporkan kepada Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo.
Kemenag Sukoharjo bakal mengkaji secara mendalam rencana pembangunan masjid agung.

Setelah pembahasan di tingkat takmir masjid agung dan Kemenag Sukoharjo kelar, mekanisme selanjutnya menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo. Ihsan belum mengetahui anggaran yang dipersiapkan untuk membiayai proyek pengerjaan pembangunan masjid agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya