SOLOPOS.COM - Masjid Agung Keraton Solo tampak depan, Selasa (22/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Selain menjadi tempat beribadah, masjid juga bisa menjadi objek wisata religi.

Umat muslim bisa mengagumi keindahan bentuk masjid maupun interior setelah selesai melaksanakan ibadah. Sejumlah masjid di Kota Solo memiliki bentuk indah. Ada juga bangunan masjid yang dipertahankan sesuai aslinya sehingga terkesan kuno, tetapi menyimpan sejarah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Bahkan, sejumlah orang dari luar kota selalu mampir ke masjid tertentu di Kota Solo. Mereka memiliki beragam alasan, salah satunya karena bangunan masjid tersebut.

Baca Juga : Replika Payung Madinah di Masjid Agung Karanganyar dan Tujuh Masjid

Berikut Solopos.com merangkum cerita 3 masjid di Kota Solo yang menjadi jujugan wisawatan:

1. Masjid Nurul Iman Kalitan

masjid nurul iman kalitan
Masjid Nurul Iman, Kalitan tampak depan, Kamis (24/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Masjid yang berada di Jl. Kalitan, Penumping, Kecamatan Laweyan ini disebut-sebut sebagai masjid peninggalan mantan Presiden Soeharto. Data yang dihimpun Solopos.com, Masjid Nurul Iman Kalitan ini dibangun pada 1996 dan diresmikan oleh keluarga besar Soeharto pada Kamis (24/9/2015).

Salah satu pengurus masjid, Supriyanto, mengatakan masjid ini ramai dikunjungi saat zuhur, magrib, dan akhir pekan. “Paling ramai waktu salat zuhur dan magrib. Kalau akhir pekan malah tambah ramai lagi. Bisa dua kali lipat dibanding hari biasa,” ungkapnya kepada Solopos.com, Kamis (24/3/2022).

Menurut Supriyanto pengunjung saat akhir pekan didominasi dari luar kota. Mereka sengaja mampir karena Masjid Nurul Iman Kalitan terkenal sebagai masjid warisan mantan presiden Soeharto.

Baca Juga : Diserahkan Ke Waskita Karya, Begini Kondisi Lahan Masjid Sheikh Zayed Di Gilingan Solo

Salah satu pengunjung, Anis Lindiana, mengatakan desain dari masjid ini seperti di Timur Tengah. “Desainnya bagus, penataannya juga pas. Seperti ala-ala Timur Tengah,” ungkapnya kepada Solopos.com.

2. Masjid Agung Solo

menara masjid agung solo
Dua pengunjung Masjid Agung Keraton Solo jalan-jalan sore di sekitar menara di Masjid Agung Keraton Solo, Selasa (22/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Masjid Agung Solo juga dikenal dengan Masjid Agung Keraton Solo ini berada di kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Masjid Agung Solo menjadi salah satu favorit wisatawan maupun pengunjung lokal.

Menurut catatan Solopos.com, Masjid Agung Solo memiliki daya tarik dari sisi arsitektur yang bergaya tajug beratap tumpang tiga dan berpuncak mustaka (mahkota).

Baca Juga : Cerita di Balik Masjid Laweyan Solo, Dulunya Sebuah Pura

Salah satu penjaga loker masjid, Indah Suryani, mengatakan jemaah Masjid Agung Solo dipenuhi wisatawan dari luar kota saat akhir pekan. “Ramai-ramainya waktu Sabtu, Minggu. Loker ini bisa sampai penuh. Kebanyakan dari luar daerah,” katanya saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (22/3/2022)

3. Masjid Laweyan

masjid laweyan solo
Masjid Laweyan tampak depan, Kamis (24/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Bagi wisatawan yang mengunjungi daerah Laweyan, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi masjid tertua di Kota Solo ini. Menurut data yang dihimpun Solopos.com, Masjid Laweyan merupakan masjid tertua yang dibangun pada masa Kerajaan Pajang.

Salah satu pengunjung masjid, Dyah Indri, mengatakan masjid ini bernuansa kuno dan bentuknya masih tradisional. “Suasananya seperti zaman dulu, dari sisi bentuknya masih tradisional. Katanya ini masjid paling tua di Solo,” ungkapnya kepada Solopos.com, Kamis (24/3/2022).

Baca Juga : Wali Kota Gibran Tegaskan Masjid PB X Sriwedari Solo Kelar Tahun Ini

Pengunjung lain yang merupakan warga asli Pajang, Burhanuddin, mengatakan Masjid Laweyan dulunya adalah pura. Masjid Laweyan terletak di Jl. Liris No. 1 Pajang, Laweyan.

“Masjid ini sudah sangat tua. Dan sebelum jadi masjid, dulunya adalah pura. Di dalamnya juga ada makam Kyai Ageng Henis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya