SOLOPOS.COM - Bangunan Masjid Taman Sriwedari Solo yang tengah dibangun, Rabu (13/11/2019). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pertemuan tiga pilar yang melibatkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dengan anggota Fraksi PDIP DPRD Solo, dan pengurus DPC PDIP Solo, Jumat (13/5/2022), mengungkapkan 10 program prioritas pembangunan Kota Bengawan 2022.

Dalam pertemuan yang  berlangsung di pendapa Loji Gandrung itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memaparkan satu per satu 10 prioritas pembangunan tersebut. Daftar itu memuat program pembangunan mulai dari masjid, rel layang, pembangunan tempat wisata dan lainnya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Namun, penyelesaian pembangunan Masjid Sriwedari yang menelan dana hingga Rp165 miliar tak masuk di dalamnya. Seperti diketahui, proyek yang menggunakan anggaran dari donatur tersebut mandek cukup lama. Panitia beralasan aliran dana terhenti.

Berikut daftar lengkap 10 prioritas pembangunan Kota Solo 2022 yang disampaikan Gibran dalam pertemuan di Loji Gandrung tersebut:

1. Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo

Masjid yang dibangun dengan dana hibah dari putra mahkota Kerajaan Uni Emirat Arab ini ditargetkan selesai pada Agustus 2022 dan bisa menjadi destinasi wisata religi Solo. Dari sisi fisiknya, masjid ini merupakan replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

Baca Juga: STP Dan Lokananta Masuk, Ini 10 Prioritas Pembangunan Kota Solo 2022

2. Pembangunan Islamic Center

Islamic Center ini akan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam di antaranya ada kegiatan TPA, tafsir Alquran, madrasah, pesantren kilat. Ke depan akan ada juga pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk UMKM halal.

3. Pembangunan elevated rail Simpang Tujuh Joglo.

Prioritas pembangunan ini menjadi proyek yang sangat penting sebagai upaya mengatasi masalah kemacetan yang bisa berimbas pada perputaran roda ekonomi di Kota Solo. Rel layang ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia dan dibangun dengan terknologi modern. Pembangunan rel layang Joglo ditarget selesai pada 2024.

4. Revitalisasi Solo Technopark

Program ini sudah berjalan. Terdapat upaya pengembangan UMKM dengan menjalin kerja sama dengan Shopee, Bukalapak, Bank Mandiri, Tokopedia, dan Goto. Ada pula pelatihan cyber security bekrolaborasi dengan UNS Solo dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Baca Juga: Gibran Paparkan 10 Program Prioritas Pembangunan Solo, Apa Saja?

Di STP juga terdapat machine learning, pelatihan gaming dari Garena dan Acer. Sedangkan pelatihan oil dan gas Pemkot Solo bekerja sama dengan SKK Migas dan Petrotechno.

Kemudian terdapat pelatihan smelter Freeport untuk inalum, pelatihan electric vehicle dan pembuatan kerangka, pembuatan service center dan pelatihan untuk Gesit motor listrik. Lalu pelatihan pertambangan untuk smelter nikel, dan Pemkot Solo baru saja MoU dengan Indofarma untuk pengadaan pelatihan UMKM herbal dan juga sebagai pusat research an development untuk produk-produk asli Indonesia.

5. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Prioritas pembangunan yang satu ini akan menjadi sentra UMKM, budaya, dan adanya area pementasan seni budaya masyarakat Kota Solo yang siap diadu dengan Malioboro di Yogyakarta. Saat ini pasar malam atau night market Ngarsopuro sudah dihidupkan kembali dan nanti diperpanjang sampai Jl Gatot Subroto.

Baca Juga: Telan Rp165 M, Masjid Sriwedari Solo Tak Masuk 10 Prioritas Gibran 2022

6. Revitalisasi Kebun Binatang Jurug (TSTJ)

Revitalisasi TSTJ saat ini sedang dalam proses pembangunan setelah penandatanganan MoU dengan PT Taman Safari Indonesia sebagai investor. TSTJ atau Jurug Solo Zoo akan dibangun menjadi kebun binatang modern dengan menampilkan hewan-hewan hidup seperti berada di habitat aslinya.

7. Pembangunan Selter Manahan.

Pemkot Solo mulai membangun selter Manahan mulai Mei 2022 dengan desain penataan ruang publik yang lebih modern. Manahan akan menjadi ikon destinasi wisata olahraga yang representatif.

8. Revitalisasi Lokananta

Dilakukan dengan menambah fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan pementasan musik baik indoor maupun outdoor, serta sarana dan prasarana kegiatan rekreasi dan edukasi mengenai perkembangan musik dan ragam koleksi Lokananta.

Baca Juga: Menara Masjid Sriwedari Solo Dikira Ambruk, Ini Kata Dishub

9. Revitalisasi Taman Balekambang

Program prioritas pembangunan Kota Solo ini bakal menjadikan Taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan Jawa. Destinasi ini siap diadu dengan Borobudur.

Pemkot Solo telah menyiapkan masterplan penataannya meliputi perbaikan dan penambahan fasilitas seperti ruang publik, penataan area Partini Tuin, rehabilitasi gedung kesenian, dan art work area open stage.

10. Revitalisasi Sentra IKM Mebel Gilingan.

Pasar Mebel Gilingan akan direlokasi ke bekas Bong Mojo, Jebres. Sedangkan lokasi Pasar Mebel akan digunakan untuk Sentra IKM untuk peningkatan kualitas mebel sekaligus menjadikannya sebagai pusat mebel layak ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya