SOLOPOS.COM - Warga mengunjungi Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Minggu (18/6/2023). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO-Masjid Raya Sheikh Zayed Solo (MRSZS) akan membagikan sekitar 3.000 paket daging sapi kurban kepada masyarakat sekitar setelah penyembelihan sapi kurban pada Selasa-Rabu (18-19/6/2024) mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Operasional MRSZS, Munajat, saat dihubungi Solopos.com pada Minggu (16/6/2024) siang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Jumlah segitu [3.000 paket daging sapi] dari sembelihan sapi yang jumlahnya 19, yang nanti akan disembelih di RPH [Rumah Pemotongan Hewan],” ungkap Munajat.

Munajat juga menjelaskan paket daging kurban Masjid Zayed Solo itu akan berisi sebanyak 1 kilogram-1,5 kilogram daging sapi. Dan untuk pembagian atau pendistribusiannya, lanjut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari serta beberapa stakeholder yang menjadi sasaran pembagian paket itu untuk kemudian mendapatkan nama dan alamat penerima.

“Jadi pembagiannya nanti menggunakan kupon. Tujuannya agar tidak ada yang mendapatkan dobel dalam satu keluarga, karena sebelumnya sudah dilakukan pendataan,” kata dia.

Nantinya, paket daging sapi kurban itu tidak akan menggunakan plastik kresek, akan tetapi menggunakan mangkuk yang diberi label Masjid Zayed Solo.

“Penerima nanti akan menerima paketan daging yang dibungkus seperti yang dijual-jual di supermarket. Kami tidak menggunakan plastik kresek,” kata dia.

Lebih lanjut, Munajat menjelaskan bahwa Hari Raya Iduladha tahun ini MRSZS akan kurban sebanyak 21 sapi dari Zayed Foundation Uni Emirat Arab dan satu sapi dari Presiden Joko Widodo. Sebanyak 19 sapi di antaranya akan disembelih di RPH Jagalan dan didistribusikan menjadi 3.000 paket daging sapi kurban. Sementara, tiga sapi sisanya akan langsung didistribusikan ke pondok pesantren.

“Di RPH hanya akan menyembelih dan kemudian dipotong ukuran besar. Untuk pemotongan ukuran kecilnya akan kami lakukan di sini [MRSZS], kami membuat tempat khusus ber-AC untuk pemotongannya, baru nanti didistribusikan ke masyarakat,” ungkap Munajat.

Saat ditanya dari mana asal sapi-sapi itu, Ia menjawab bahwa sapi-sapi kurban MRSZS dibeli dari peternakan yang berada di Soloraya, seperti Klaten, Boyolali, dan Karanganyar. Sapi-sapi itu akan tiba di MRSZS pada Senin (17/6/2024) siang mendatang.

“Akan ada prosesi penyerahan sapi dahulu yang akan dilakukan besok siang, sekitar pukul 14.00 WIB. Termasuk sapi dari Presiden juga akan tiba hampir bersamaan dengan sapi-sapi yang lainnya. Setelah itu sekitar pukul 15.00 WIB atau 16.00 WIB, sapinya akan dibawa ke RPH,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya