SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Teguh Prakosa menyerahkan secara simbolis sapi dari Presiden Jokowi seberat 1,11 ton dan diterima Direktur Operasional Masjid Sheikh Zayed Solo Munajat di halaman parkir Masjid Sheikh Zayed Solo, Senin (17/6/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 22 ekor sapi kurban untuk Iduladha 1445 H datang di Masjid Sheikh Zayed Solo, Senin (17/6/2024) siang. Salah satunya merupakan sapi bantuan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Lalu pada sore harinya dilakukan proses penyerahan dari Pemerintah Kota Solo dan Zayed Foundation, Uni Emirat Arab (UEA) kepada pihak takmir di tempat parkir VIP.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ketua Panitia Kurban Masjid Sheikh Zayed Solo, Zainal Anwar, mengatakan total terdapat 22 ekor sapi kurban. Dia mengatakan 21 ekor sapi merupakan sumbangan dari Zayed Foundation. Masing-masing sapi memiliki berat minimal 500 kg.

Sedangkan satu ekor sapi dengan jenis Limosin seberat 1.110 kg merupakan sumbangan dari Presiden Jokowi. Sapi dari orang nomor satu dari Indonesia itu secara simbolis diserahkan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa.

Sebanyak 22 ekor sapi itu kemudian dibawa ke rumah pemotongan hewan (RPH) Jagalan. Zainal melanjutkan prosesi pemotongan hewan kurban baru akan dilakukan pada Selasa-Rabu (18-19/6/2024) di RPH Jagalan.

Sedangkan untuk pembagian daging kurban akan diberikan ke masyarakat sekitar masjid. Dia mengatakan pihak takmir sudah menyebarkan 3.000 paket kupon. Pembagian daging juga menyasar para pencari nafkah di sekitar masjid seperti tukang foto, juru parkir, pedagang kaki lima, dan lainnya.

“Semua sudah kami data dan sudah kami bagi juga untuk jadwal pengambilanbya,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyalurkan bantuan kemasyarakatan hewan kurban berupa sapi ke tujuh tempat di Kota Solo pada Iduladha 2024.

Sapi kurban dari Presiden Jokowi didistribusikan ke Masjid Agung, Masjid Al Wusto Mangkunegaran, Masjid Tegalsari Laweyan, Pondok Pesantren Al-Qur’aniyy Az-Zayadiyy, Pondok Pesantren Al Ikhsan Mojosongo, dan Masjid Sheikh Zayed.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya