SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, saat diwawancara wartawan, Selasa (28/5/2024) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Wakil Wali Kota Solo yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, memberikan tanggapan terkait masuknya nama dia dalam radar kader-kader PKS Solo sebagai bakal Cawali 2024.

“Ya yang pertama tadi sudah disampaikan Pak Ketua [F.X. Hadi Rudyatmo], seluruh keluarga besar PDIP menyampaikan terima kasih. Karena kader PDIP masuk radarnya teman-teman PKS,” ungkap dia saat diwawancara wartawan, Selasa (28/5/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurut Teguh, apa yang terjadi itu dalam tiga periode terakhir Pilkada, tidak pernah terjadi. Apalagi jajaran pengurus DPD PKS Solo langsung menemui Rudy begitu hasil penjaringan internal mereka sudah selesai.

“Setelah penghitungan selesai teman-teman PKS langsung menemui Pak Rudy itu juga hal yang di tiga periode sebelumnya tidak pernah terjadi. Ini hal yang istimewa bagi PDIP, dan sekaligus saya yang hari ini masih menjadi Wawali, masuk radar teman-teman PKS,” urai dia.

Disinggung posisinya sebagai satu-satunya kader PDIP yang masuk tujuh nama figur eksternal PKS yang potensial menjadi Cawawali Solo, Teguh merendah. Menurut dia, sebenarnya ada nama kader lain PDIP yang masuk radar PKS Solo.

Namun, nama kader PDIP selain dirinya tidak disebutkan atau masuk tujuh nama figur eksternal potensial Cawali-Cawawali Solo. “Saya kira tadi lebih ya, tapi memang tidak diutarakan. Jadi tidak hanya saya ya,” tutur dia.

Disinggung posisinya sebagai kader PDIP dengan usulan terbanyak di internal PKS Solo, Teguh lagi-lagi merendah. Menurut dia, hal itu wajar dikarenakan dirinya pernah beberapa periode sebagai legislator DPRD Solo.

Bahkan dalam tiga tahun terakhir Teguh menjabat sebagai Wawali Solo. “Saya kira PKS sudah menilai. Jadi saya pernah di DPRD, saya sekarang jadi Wawali. Sehingga popularitas, orang pasti mengenal saya kan,” terang dia.

Dengan rekam jejaknya selama ini, Teguh juga menduga berpengaruh terhadap elektabilitasnya sebagai bakal Cawali Solo.

Sebelumnya, DPD PKS Solo menjaring 14 nama figur potensial Cawali-Cawawali Solo 2024. Nama-nama itu dijaring berdasarkan scoring usulan kader-kader PKS Solo.

Sebanyak 14 nama terdiri atas tujuh kader internal PKS Solo, dan tujuh nama figur eksternal PKS. Teguh Prakosa berada di urutan teratas di daftar tujuh nama yang diusulkan dari eksternal PKS.

Berikut tujuh nama kader internal PKS yang disodorkan kalangan kader partai itu sebagai bakal Cawali-Cawawali Solo 2024:

1. H. Abdul Kadir Audah, ST, MBA (Ketua Bidang politik DPD PKS Surakarta)
2. H. Sugeng Riyanto, SS (Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Surakarta)
3. H. Daryono, ST (Ketua DPD PKS Surakarta)
4. Syaifulhaq Mayyazi (Perwakilan Tokoh Muda PKS)
5. Didik Hermawan, S.Pd (Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PKS)
6. H. Abdul Ghofar Ismail,S.Si (Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Jawa Tengah)
7. H. Asih Sunjoto Putro, S.Si (Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Solo)

Sedangkan tujuh nama eksternal yang dijaring PKS sebagai bakal Cawali-Cawawali Solo 2024, berikut ini:

1. Teguh Prakosa (Wakil Wali Kota Solo)
2. KGPAA Mangkoenagoro X/Gusti Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo (Adipati Keraton Mangkunegaran)
3. Sekar Tandjung (Ketua DPD Partai Golkar Solo)
4. KH. Mashuri, SE, M.Si (Ketua PC Nahdhatul Ulama Solo)
5. Nur Khalid Syaifullah, Lc, M.Hum (Ketua Majelis Tafsir Al Qur’an)
6. Prof. Dr. Sofyan Anif (Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta)
7. Dr. M. Taufiq (Pengacara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya