SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana menambah dua lagi program prioritas pembangunan Kota Bengawan pada 2023. Dengan demikian, total ada 15 program prioritas pembangunan yang dicanangkan Gibran pada tahun ini.

Namun, ayah dari Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah itu masih merahasikan dua program tambahan tersebut. “Aslinya ini 15 [program prioritas pembangunan Solo]. Tapi tunggu dulu,” ujarnya via pesan Whatsapp (WA) kepada Solopos.com, Senin (2/1/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Tambahan dua progam prioritas ini menarik untuk dinantikan. Sebab tambahan dua program itu diungkap Gibran sepulang dari perjalanan dinas menjemput dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA).

Seperti diketahui, Gibran ke UEA untuk menerima hibah ratusan miliaran rupiah. Saat diwawancara Solopos.com melalui pesan WA beberapa hari lalu, Gibran menyebut dana hibah dari UEA untuk Solo sekira $15 juta.

Bila dikonversi ke mata uang Indonesia dengan kurs Rp15.000 per $1, bantuan tersebut mencapai Rp225 miliar. Banyak kegiatan yang bisa didanai Gibran menggunakan uang sebanyak itu.

Giban sudah membocorkan sejumlah rencana kegiatan yang akan didanai menggunakan hibah dari UEA tersebut. Salah satunya penataan kawasan Baluwarti di mana kompleks Keraton Solo berada. Meskipun program mempercantik kawasan Baluwarti tidak sampai menyentuh bangunan Keraton.

Daftar kegiatan atau program lainnya yang akan dibiayai dana hibah seperti bantuan sosial, pembangunan Pasar Tunggulsari dan pasar daruratnya, peningkatan kualitas jalan lingkungan, dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Ada juga lanjutan pembangunan GOR Indoor Manahan, penyediaan nutrisi ibu hamil berisiko stunting, nutrisi bayi berusia bawah dua tahun berisiko stunting, fasilitas IT Dinas Pendidikan, serta penataan kawasan atau jalur Ngemplak-Tirtonadi.

Sebelum ada informasi akan mendapat bantuan dari UEA, Gibran mengungkapkan 13 program prioritas pembangunan Kota Solo di mana 10 program di antaranya sudah dimulai sejak 2022 dan sebagian sudah selesai.

Ke-13 program prioritas pembangunan tersebut yakni:

1. Pembangunan Masjid Raya Syeikh Zayed Solo
2. Pembangunan Islamic Center
3. Pembangunan Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo
4. Revitalisasi Technopark
5. Revitalisasi Ngarsopura & Koridor Gatot Subroto
6. Revitalisasi Kebun Binatang Jurug
7. Pembangunan Selter Manahan
8. Revitalisasi Lokananta
9. Revitalisasi Taman Balekambang
10. Sentra IKM Mebel Gilingan
11. Revitalisasi Pasar Jongke
12. Revitalisasi Pura Mangkunegaran
13. Revitalisasi Pedaringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya