SOLOPOS.COM - Kondisi lahan yang akan dibangun dua rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Semanggi dengan delapan lantai di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Kamis (30/3/2023). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO— Progres perencanaan pembangunan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Semanggi di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, sampai tahap finalisasi rancang bangun rinci (Detail Engineering Design/DED) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo Taufan Basuki Supardi ditemui Solopos.com di fasilitas parkir Loji Wetan, Solo, Selasa (5/12/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Baru proses DED pemerintahan pusat. Insya Allah 2024 dimulai konstruksi satu tower dari rencana dua tower,” kata Taufan.

Taufan menjelaskan bangunan dengan ketinggian delapan lantai tersebut bakal menjadi rusunawa paling tinggi di Kota Solo. Rusunawa dengan ketinggian delapan lantai bakal dilengkapi lift.

Menurut Taufan, belum bisa menyampaikan jumlah kebutuhan anggaran karena masih dalam proses finalisasi DED. Pembangunan Rusunawa Semanggi memerlukan kolaborasi lintas organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Solo kaitannya untuk menyediakan akses.

Sebelumnya, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sewa Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman serta Pertanahan Kota Solo, Iswan Fitradias Pengasuh, mengatakan Rusunawa Semanggi bakal dibangun dua tower, masing-masing tower delapan lantai.

Sementara itu, Rusunawa Semanggi yang kini telah diratakan dulunya ada dua tower dengan lima lantai. Kapasitas masing-masing tower 98 unit.

Adapun rumah sewa diperuntukkan bagi warga Solo yang telah menikah namun belum punya hunian. Warga tersebut tergolong masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Berikut daftar rumah sewa di Kota Solo:

Rusun Jurug A
Rusun Jurug B
Rusun Jurug C
Rusun Kerkov
Rusun Semanggi A
Rusun Semanggi B
Rusun Mojosongo A
Rusun Mojosongo B
Rusun Begalon I (Dalam proses dikelola UPT Rumah Sewa)
Rusun Begalon II
Rusun Putri Cempo A
Rusun Putri Cempo B
Rusun Putri Cempo C
Rusun Putri Cempo D
Rusun Putri Cempo E
Rusun Mangkubumen
Rumah Deret RM Said
Rumah Deret Saharja
Rumah Deret Ketelan I
Rumah Deret Ketelan II
Risha Semanggi

Sumber: Pemkot Solo. (yup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya