SOLOPOS.COM - Gule kambing goreng solo. (Youtube/ Kurki Food Hunter)

Solopos.com, SOLO — Berkunjung ke Kota Solo akan lebih lengkap jika menjajal kuliner unik satu ini, yakni gulai kambing goreng atau gulgor.

Kuliner itu bisa dinikmati di Warung Sate Kambing Mbah Senen di kawasan Pasar Legi, tepatnya Jl. Letjen S. Parman No.49, Kestalan, Banjarsari. Lokasi warung itu juga bisa ditemukan melalui aplikasi pemetaan yang dikembangkan Google, yakni Google Maps. Cukup menuliskan Sate Kambing Mbah Senen.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Warung Mbah Senen ini termasuk hidden gem atau permata yang tersembunyi lantaran lokasinya masuk ke gang kecil. Meski begitu, warung itu menjadi rujukan pengunjung yang ingin menyantap kuliner olahan daging kambing, seperti gulai goreng yang jarang ditemui di tempat lain.

Baca Juga: Rp5.000 Kenyang! Kuliner Murah di Solo Ini Patut Dicoba buat Sarapan

Cara memasaknya sama seperti mengolah gulai kambing. Daging kambing dimasak menggunakan panci. Racikan bumbu dimasukkan. Setelah matang, daging kambing yang dimasak gulai tadi ditiriskan.

Langkah berikutnya adalah menggoreng daging kambing yang telah dimasak menggunakan bumbu gulai tadi. Detail caranya bisa dilihat pada video YouTube Kurki Food Hunter berjudul Kuliner Gulai Kambing… Video itu tayang satu tahun lalu.

Cara masak di warung Sate Kambing Mbah Senen mirip. Hal yang membedakan adalah pemilik warung Sate Kambing Mbah Senen masih menggunakan arang sebagai bahan bakar memasak. Kemungkinan itu untuk menghasilkan masakan dengan cita rasa khas.

Warung ini buka setiap Senin sampai Minggu dan tutup pada Jumat. Warung ini berbeda dengan warung kuliner olahan daging kambing lain karena buka mulai pagi 06.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Untuk menjajal gulai kambing goreng Mbah Senen Solo ini Anda cukup merogoh kocek Rp35.000. Harga tersebut sudah mendapatkan nasi, gulai goreng, kuah gulai, dan es teh. Rasanya lezat dan tidak bau prengus. Kuliner ini akan lebih mantap saat dinikmati dengan sambal bawang.

Baca Juga: Asale Tengkleng Khas Solo, Bukti Kreativitas Wong Cilik Zaman Old

Wawan, penjual gulai kambing goreng generasi ke-2 warung Sate Kambing Mbah Senen mengatakan warungnya sudah berdiri selama 30 tahun. Warung tersebut didirikan neneknya. Wawan melanjutkan usaha tersebut setelah nenek tiada.

Bahan Gulai Kambing

Dikutip dari Liputan6, Sabtu (18/12/2021), untuk memasak gulai kambing maka harus menyiapkan beberapa bahan, yakni daging, iga atau tulang kambing, garam, daun jeruk, jahe dan lengkuas yang dihaluskan, minyak, dan santan.

Baca Juga: Ada Tai Kucing, Ini 5 Makanan dengan Nama Aneh di Soloraya

Bahan yang dihaluskan, yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, cabai rawit, keriting, ketumbar bubuk, kayu manis, lada bubuk, garam, dan gula secukupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya