SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala desa atau pilkades. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 11 desa di Kabupaten Karanganyar akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 9 November 2022. Namun ternyata masih ada sebagian dari desa itu yang belum menuntaskan rencana anggaran dan belanja (RAB) pilkades.

Dampaknya, berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pilkades belum diketahui. Jika RAB tak segera dirampungkan, maka bisa jadi akan mengganggu tahapan pilkades.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang (Kabid) Aparatur Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar, Anung Dharmawan, mengatakan sebenarnya desa-desa tersebut sudah mangajukan proposal RAB. Namun masih banyak yang direvisi sehingga terpaksa dikembalikan untuk diperbaiki. “Belum semua desa selesai RAB-nya,” ujarnya, Jumat (19/8/2022).

Pekan depan pihaknya akan memanggil panitia pilkades di masing-masing desa untuk mendapat pengarahan mengenai RAB tersebut. “Nanti panitia pilkades sekaligus kami minta untuk membawa proposalnya untuk diperbaiki,” imbuh Anung.

Anggaran pilkades bersumber dari bantuan keuangan yang nilainya Rp50 juta-Rp70 juta.

Baca Juga: Mau Gelar Pilkades, Tapi Desa di Karanganyar Ini Belum Selesaikan LPj

Sebelumnya,  sebagian dari 11 desa yang akan menggelar pilkades itu pun belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban (LPj) dari kegiatan-kegiatan mereka. Hal ini menjadi temuan Inspektorat Karanganyar ketika melakukan pemeriksaan terhadap laporan akhir masa jabatan  kades dari desa tersebut.

Sebanyak 11 desa yang menggelar pilkades itu tersebar di tujuh kecamatan. Desa-desa tersebut antara lain Blulukan dan Klodran di Kecamatan Colomadu, Ngijo di Kecamatan Tasikmadu, serta Buntar dan Kaliboto di Kecamatan Mojogedang.

Kemudian Ngadiluwih di Kecamatan Matesih, Dukuh di Kecamatan Ngargoyoso, Harjosari dan Tohkuning di Kecamatan Karangpandan, serta Wonokeling dan Petung di Kecamatan Jatiyoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya