SOLOPOS.COM - Situasi simpang tiga Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, masih lengang pada Sabtu (23/12/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Perhubungan (Dishub) Sragen memetakan ada tujuh lokasi rawan kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Untuk pengamanan arus lalu lintas dan antisipasi kecelakaan, Dishub bekerja sama dengan Satlantas Polres Sragen.

Kepala Dishub Sragen, Catur Sarjanto, menyebutkan tujuh lokasi rawan macet itu di antaranya simpang empat Alun-alun Sragen, simpang tiga Gambiran dan simpang Puskesnas Sidoharjo lama. Lokasi rawan macet berikutnya adalah simpang empat Pasar Gemolong, perlintasan sebidang Toko Komplit, perlintasan sebidang Teguhan, dan simpang empat Gemolong.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di simpang Puskesmas Sidoharjo lama ada bangkitan lalu lintas dan pertemuan arus lalu lintas dari pintu tol Pungkruk dengan jalur arus lalu lintas dari Solo sehingga rawan terjadi penumpukan kendaraan.

“Di Alun-alun Sragen ada potensi penumpukan lalu lintas saat adanya kereta api (KA) lewat di perlintasan KA sebidang. Kemudian di simpang Toko Komplit juga ada potensi penumpukan arus lalu lintas saat KA lewat di perlintasan sebidang Pasar Bunder. Simpang Tehugan juga rawan macet ketika KA lewat,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu (23/12/2023).

Dishub akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional. Dari  hasilpantauan per Sabtu, lalu lintas masih landai dan terkendali.

Sementara upaya mengantisipasi kecelakaan lalu lintas terus dilakukan dengan menggencarkan sosialisasi keselamatan berlalu lintas lewat berbagai media dan sarana. Upaya lainnya adalah memastikan prasarana jalan terpelihara dengan baik, seperti rambu-rambu, alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), penerangan jalan umum (PJU), markah, dan lainnya.

“Kami berkoordinasi dengan kepolisian dalam melakukan pengawasan dan pengendalian lalu lintas. Kemudian dalam momentum Nataru, kami juga sudah memasang rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) di jalur mudik Kemudian kami bersama instansi terkait membentuk posko di beberapa titik rawan kemacetan,” jelasnya.

Catur juga memantau arus lalu lintas lewat area traffic control system (ATCS) milik Dishub Sragen.

Berikut Daftar 7 Lokasi rawan kemacetan di Sragen

1. Simpang empat Alun-alun Sragen.
2. Simpang tiga Gambiran, Sragen
3. Simpang empat Puskesmas Sidoharjo lama
4. Simpang tiga Pasar Gemolong
5. Perlintasan sebidang Toko Komplit.
6. Perlintasan sebidang Teguhan
7. Simpang Gemolong, Sragen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya