SOLOPOS.COM - Gerai baru McDonald’s Indonesia di Jl Ir Sutami, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (14/1/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO– McDonald’s Indonesia membuka gerai barunya di Jl Ir Sutami, Kecamatan Jebres, Solo, tepatnya di dekat pintu masuk Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Pantauan Solopos.com, Minggu (14/1/2024), gerai McDonald’s di Jebres memiliki dua lantai. Bangunan berada di tengah jalur drive thru atau layanan tanpa turun.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Solo Tulus Widajat menjelaskan sudah mengetahui adanya gerai baru McDonald’s Indonesia. Tulus belum dapat laporan kapan gerai baru McDonald’s di Jebres mulai dibuka.

“Nanti kami daftarkan sebagai wajib pajak baru, kami terbitkan NPWPD-nya [Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah]. Kami akan sampaikan ketentuan-ketentuan terkait dengan kewajiban perpajakannya,” kata Tulus ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (16/1/2023) siang.

Menurut dia, McDonald’s Indonesia di Jl Slamet Riyadi menjadi salah satu wajib pajak terbaik pada 2023.

Pemkot Solo menyerahkan penghargaan kepada sembilan wajib pajak terbaik 2023 adalah Hotel Alila, McDonald, PT PLN (Persero) UP3 Surakarta, Solo Safari, RSUD Dr Moewardi, PT Securindo PAC Indonesia (Parkir Mal Paragon), PT Tecma Mitratama Advertindo, Augustine Esther, PT Sunindo Gapura Prima.

“Selama 2023 ada pergerakan, ada restoran yang tutup dan ada yang buka baru. Kami akan data sesuai potensi yang ada, kami perhitungkan penilaian pajaknya,” ujar dia.

Tulus menjelaskan industri sektor hotel dan restoran memiliki prospek cerah di Kota Solo. Target pendapatan pajak hotel bisa tercapai di Solo tahun lalu. Sedangkan target realisasi pajak restoran hampir tercapai.

“Berkaca dari data ini, ada tren positif untuk restonya. Realisasi 90 persen lebih, ada pertumbuhan di restoran,” ungkap dia.

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo Andriyani Sasanti menjelaskan perizinan gerai baru McDonald’s Indonesia di Solo menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng).

“Untuk McDonald’s NIB [Nomor Induk Berusaha] izinnya masuk ke risiko menengah tinggi. Menjadi kewenangan provinsi,” jelas dia.

Catatan Solopos.com, McDonald’s Indonesia membuka gerai barunya di Jl Adisucipto, Solo awal tahun lalu. Gerai McDonald’s Indonesia di Jl Adisucipto merupakan gerai ketiga setelah McDonald’s Slamet Riyadi dan McDonald’s The Park Solo Baru.

McDonald’s merupakan salah satu restoran fast food terbesar di dunia yang diawali pada 1955 di California, Amerika Serikat. McDonald’s hingga telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya