SOLOPOS.COM - Anggota Polsek Selogiri melepas ular sanca kembang, Selasa (31/5/2022) malam WIB. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI– Warga Dusun Blewah, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, mendadak geger oleh penemuan seekor ular sanca kembang sepanjang 3,5 meter, Selasa (31/5/2022).

Ular sanca kembang tersebut ditangkap setelah kedapatan berada di pekarangan rumah warga dan sedang memangsa seekor ayam jago.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Semula ular itu berkeliaran di area sekitar rumah Sumin, warga RT 002/RW 005, Dusun Blewah, Desa Gemantar, Kecamatan Selogiri. Di samping rumah Sumin, ular itu akhirnya berhenti di kandang ayam dan memangsa ayam milik Sumin.

Warga dusun setempat, Wahyu, yang mendengar kabar keberadaan ular sanca kembang itu bergegas ke lokasi. Ia menyebut terdapat tiga orang yang mengevakuasi ular tersebut. Satu di antaranya ialah adiknya yang berpengalaman karena bekerja di Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri.

Wahyu sendiri berstatus tim sukarelawan desa. “Adik saya nangkap kepalanya, saya bagian badan. Setelah ditangkap, ular [sanca kembang] itu dimasukkan ke karung,” terangnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Baca Juga: 34 Anggota Polres Wonogiri Bermasalah, Kasus Asusila Mendominasi

Peristiwa ular masuk ke pekarangan milik warga, menurutnya tak hanya sekali terjadi. Tiga bulan lalu, peristiwa serupa dialami warga dusun setempat. Namun, saat itu ularnya berukuran kecil-kecil.

Bedanya ular sanca kembang yang ia tangkap hari ini ada pada berat dan panjang badannya, yaitu beratnya sekitar 20 kg dan sepanjang 3,5 meter. Kenyataan itu membuatnya merasa harus melaporkan keberadaan ular ke pihak kepolisian.

“Daripada bikin panik warga, ular [sanca kembang] yang masih di dalam karung itu kini sudah dibawa polisi untuk diamankan,” imbuhnya.

Baca Juga: Pasar Hewan Ditutup, DPRD Wonogiri Sarankan Ini ke Pemkab

Terpisah Kapolsek Selogiri, AKP Agus Syamsuddin, saat dihubungi Solopos.com, Selasa, menyatakan menerima laporan dari warga soal penangkapan ular sanca kembang itu. Polisi juga telah mendatangi rumah warga tempat ular sanca kembang itu diamankan ke dalam karung.

“Tadi Bhabinkamtibmas sama Babinsa sudah ke TKP. Sudah kami amankan [ular sanca kembang],” kata Agus dalam pesan Whatsappnya kepada Solopos.com, Selasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya