SOLOPOS.COM - Penampilan finalis dalam story telling Festival Rajamala 2023 di Museum Radya Pustaka Solo, Jumat (27/10/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–Festival Rajamala 2023 mampu membangun branding Rajamala sebagai ikon budaya sekaligus maha karya seni di Kota Solo.

Festival Rajamala bakal ditutup dengan acara wilujengan wuku dan penampilan penyanyi sekaligus sinden muda, Rina Aditama dan Sangkara Musik Indonesia pada Sabtu (28/10/2023) malam.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Festival Rajamala 2023 digelar pada 24-28 Oktober di Museum Radya Pustaka Solo. Kegiatan ini diselenggarakan oleh UPTD Museum Kota Solo dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-133 Museum Radya Pustaka Solo yang merupakan museum tertua di Tanah Air.

Selama empat hari, banyak kegiatan menarik dan unik dengan melibatkan sejumlah sekolah di Kota Solo.

Event Festival Rajamala 2023 diawali dengan upaya konservasi koleksi Canthik Rajamala dengan mengolaborasikan ilmu pengetahuan dengan tradisi Jawa.

Konservasi Rajamala dilakukan menggunakan air rendaman cengkih, tembakau, dan batang pohon pisang yang dikeringkan. Canthik Rajamala merupakan salah satu koleksi kayu di Museum Radya Pustaka Solo.

Teknik konservasi koleksi museum merupakan bagian dari ilmu pengetahuan atau sains. Lantaran Canthik Rajamala merupakan peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat maka ritual tradisi Jawa masih dilakukan saat melakukan konservasi.

Kepala UPTD Museum Kota Solo, Bonita Rintyowati, mengatakan ingin mengenalkan Rajamala sebagai ikon budaya Kota Solo kepada masyarakat, utamanya generasi muda.

Branding Rajamala dikemas dalam beragam kegiatan menarik dan unik sehingga menggugah generasi muda untuk merawat dan melestarikan budaya.

“Kami ingin mengenalkan koleksi Rajamala melalui kegiatan-kegiatan menarik dan unik. Karena target sasarannya generasi muda, utamanya para pelajar. Harus ada transformasi, menciptakan arus baru yang kekinian sehingga museum kembali dilirik kalangan milenial,” kata dia, Jumat (27/10/2023).

Seusai konservasi Canthik Rajamala, acara dilanjutkan dengan belajar menulis aksara Jawa dan dialog budaya yang mengangkat tema “Seni Merawat Budaya”. Hari pertama Festival Rajamala 2023 ditutup dengan pentas wayang kulit dengan lakon Rajamala.

Pada hari kedua, banyak kegiatan menarik yang melibatkan kalangan pelajar baik jenjang TK-SMA di Solo. Mereka diajak tampil di panggung untuk mengeksplorasi bakat dan talenta seni serta budaya yang menghibur penonton.

Keseruan acara itu tampak saat para penonton ikut bersorak dan bertepuk tangan saat perwakilan masing-masing sekolah unjuk gigi di panggung.

Di sela-sela penampilan talenta sekolah, mereka kembali diajak nguri-uri budaya Jawa dengan belajar menyungging wayang Rajamala menggunakan cat air.

Puluhan siswa jenjang SMP dan sederajat tampak antusias belajar menyungging wayang Rajamala. Mereka terlebih dahulu mewarnai bagian wayang yang dianggap mudah. Kemudian, baru mewarnai bagian wayang yang tingkat kesulitannya lebih tinggi seperti wajah dan tangan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan dedongengan bertajuk “Titihan DalemBaita Kyai Rajamala “ yang disampaikan peneliti sejarah Rajamala, Adi Deswijaya. Acara ditutup dengan penampilan kelompok musik keroncong dari SMKN 8 Solo.

Penampilan bakat dan talenta sekolah dilanjutkan pada hari ketiga. Para pelajar menampilkan berbagai bakat seperti pidato Bahasa Jawa, menari, atraksi pencak silat, atraksi memasak dan menyanyi hingga juggling.

“Acaranya seru dan tidak monoton. Sekaligus bisa belajar, ternyata Rajamala menjadi koleksi yang disimpan di Museum Radya Pustaka Solo,” kata seorang siswi SMPN 8 Solo, Wida.

Event ini juga dimeriahkan dengan acara story telling Rajamala menggunakan Bahasa Jawa pada hari ke-empat. Ada 10 finalis yang tampil ciamik menceritakan alur sejarah dan karakter Rajamala.

Mereka tak canggung tampil di depan tiga dewan juri yang menilai masing-masing finalis. Tiga finalis terbaik mendapat apresiasi.

Pada hari terakhir, ada aksi mewarnai gambar Rajamala secara massal yang diikuti oleh siswa TK dan SD di Solo. Sore harinya, dilanjutkan dengan ritual wilujengan wuku untuk melestarikan budaya Jawa sekaligus mengenalkan museum.

Puncak acara Festival Rajamala 2023 ditutup dengan penampilan penyanyi sekaligus sinden muda, Rina Aditama. Jebolan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ini bakal mendendangkan lagu-lagu pop Jawa yang diiringi Sangkara Musik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya