SOLOPOS.COM - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka menyampaikan akan sowan ke Ganjar-Mahfud dan Anies-Imin seusai memenangkan perolehan suara di kandang banteng di Jateng. (JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menunggu pengumuman KPU terkait Pemilihan Presiden 2024.

Gibran tak mau berkomentar meskipun hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2024 di KPU Jateng selesai, Sabtu (13/3/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dinyatakan sebagai pemenang atau peraih suara terbanyak di Provinsi Jateng dengan perolehan 12.096.454 suara.

“Rapat pleno belum selesai semua. Sebagian Prabowo-Gibran, tunggu resminya 20 Maret ya,” ungkap Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (13/3/2024) pagi.

Gibran berinisiatif untuk meminta bertemu pasangan pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Saya tunggu saja, beliau berkenan saya masuk langsung sowan. Saya yang paling muda sowan,” jelas dia. Gibran menjelaskan ada komunikasi dengan timses paslon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 3.

Adapun perolehan suara Prabowo-Gibran unggul jauh dari pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, yang diusung PDIP, dengan 7.827.335 suara. Padahal, selama ini Jateng kerap disebut sebagai kandang banteng atau basis massa PDIP.

Sementara itu, pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, berada di urutan ketiga dengan perolehan suara paling sedikit di Jateng, yakni 2.866.373 suara.

“Perinciannya, perolehan suara pasangan calon nomor 1 [Anies-Muhaimin] 2.866.372 suara, paslon nomor urut 2 [Prabowo-Gibran] 12.096.454 suara, dan paslon nomor urut 3 [Ganjar-Mahfud] 7.827.335 suara,” kata Komisioner KPU Jateng, Muslim Aisha, saat rapat pleno di Kantor KPU Jateng, Kota Semarang, Sabtu (9/3/2024) dini hari.

Dalam kesempatan itu, Muslim juga melaporkan jumlah suara sah dalam Pemilu 2024 di wilayah Jateng mencapai 22.790.162 suara. Sementara surat suara tidah sah mencapai 685.649 suara.

Rapat pleno itu turut diwarnai protes dari saksi PKB yang menuding ada pergeseran suara dari partainya ke Golkar. Ia menyebut suara PKB di Kota Semarang sebanyak 225 suara hilang dan bergeser ke Partai Golkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya