SOLOPOS.COM - Kades PAW Buntar terpilih, Nurul Andre Astuty, seusai memenangi Pilkades yang digelar pada Rabu (26/7/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Nurul Andre Astuty memenangi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Buntar, Kecamatan Mojogedang, Karanganyar, Rabu (26/7/2023). Nurul menang tipis atas rival terdekatnya, Tintus Prihantoro, dengan selisih tiga suara.

Nurul mendapatkan 22 suara, sedangkan Tintus memperoleh 19 suara. Sementara dan calon kepala desa (cakades) nomor tiga, Ngadino Dwi Purnomo, hanya mengantongi lima suara. Total jumlah pemilik suara Pilkades PAW Buntar ada 46 suara. Mereka terdiri tokoh pendidikan, tokoh masyarakat, tokoh agama, perwakilan di masing-masing dusun, BPD dan perangkat desa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Pilkades Buntar yang digelar secara tertutup itu dibuka oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, didampingi jajaran Forkopimda. Kepala Bidang (Kabid) Aparatur Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Dispermades) Karanganyar, Anung Darmawan, mengatakan hanya ada tiga cakades yang berkompetisi di Pilkades Buntar.

Tintus dan Ngadino merupakan mantan cakades di Pilkades Buntar sebelumnya. Sementara Nurul Andre Astuty merupakan  menantu Kades Buntar, Sumiyati, yang meninggal dunia. Ini artinya, Nurul akan menggantikan posisi yang ditinggalkan ibu mertuanya.

Pilkades PAW di Desa Buntar, lanjut dia, merupakan pilkades PAW kali keenam di Sukoharjo setelah di Girimulyo (Kecamatan Ngargoyoso), Tlobo (Kecamatan Jatiyoso), Baturan (Kecamatan Colomadu), Kebak (Kecamatan Jumantono), dan Alastuwo (Kebakkramat). “Alhamdulillah sudah selesai. Pilkades berjalan lancar,” kata dia.

Pilkades PAW Buntar digelar lantaran Kades Sumiyati  meninggal dunia pada 10 Maret 2023 lalu. Almarhumah terpilih sebagai Kades Buntar dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar pada November 2022 lalu. Sumiyati dilantik oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, bersama 10 kades terpilih lainnya pada Rabu (28/12/2022). Sumiyati hanya dua bulan menjabat sebagai Kades Buntar.

“Kades terpilih akan menjabat sampai 28 Desember 2028,” kata Anung.

Kades PAW Buntar terpilih, Nurul Andre Astuty, menyatakan siap melanjutkan visi misi ibu mertuanya, salah satunya memajukan pendidikan di Buntar. Ia juga berjanji meningkatkan sumber daya manusia (SDM) untuk kesejahteraan bagi warga di Desa Buntar.

“Saya akan melanjutkan apa yang menjadi amanah dari ibu mertua. Visi misi beliau akan saya lanjutkan,” kata dia.

Nurul merupakan seorang ibu rumah tangga berusia 27 tahun dengan  dua orang anak yang masih balita. Istri dari Dio Pri Mustofa Utomo ini bertekad membawa Buntar lebih maju.

Dia mengaku terdorong ikut Pilkades PAW karena ingin melanjutkan amanah ibu mertuanya. Dukungan keluarga juga mengalir untuk dirinya maju di Pilkades PAW tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya