SOLOPOS.COM - Gita Wirjawan (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Gita Wirjawan (JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya)

Ucapan selamat dan suntikan semangat tak henti-henti keluar dari mulut Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Gita Wiryawan, saat berkunjung ke Pasar Gede Solo, Jumat (20/1/2012) siang. Didampingi Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) dan Wawali, FX Hadi Rudyatmo, Mendag berkeliling blok demi blok bangunan cagar budaya peninggalan SISKS Pakubuwono X itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menyapa langsung satu demi satu pedagang, Mendag menghimpun informasi dari para pedagang Pasar Gede. Mulai dari iklim usaha, standar harga barang, tingkat stabilitas harga, hingga kenyamanan fisik dan lingkungan pasar. Tanpa canggung Mendag juga mengecek sederhana beberapa komoditi yang dijual di pasar yang dibangun tahun 1923 silam itu. Tidak terkecuali produk ikan di lantai II pasar.

Kedatangan Mendag dalam rangka meninjau Pasar Gede yang menjadi wakil Jawa Tengah (Jateng) dalam lomba pasar tradisional tingkat nasional tahun ini. Sebagai bukti sokongannya terhadap pasar tradisional, Mendag sempat membeli 10 kilogram beras merah seharga Rp120.000 dari seorang pedagang Pasar Gede. “Menurut saya Pasar Gede bagus. Perputaran uangnya besar, kualitas produk terjamin, laris dan harga stabil. Kendati beberapa dagangan mengalami kenaikan harga, tapi tidak besar,” katanya saat ditemui wartawan.

Mendag menjelaskan selama ini pihaknya getol melakukan revitalisasi pasar tradisional. Contohnya tahun ini pihaknya mengalokasikan dana Rp400 miliar bagi 53 kabupaten/kota di Tanah Air. Anggaran sebesar itu untuk revitalisasi 79 pasar tradisional, 20 di antaranya pasar percontohan. Salah seorang pedagang Pasar Gede, Sri Sulastri, 35, mengaku senang tempatnya berjualan ramai pembeli lantaran kunjungan Mendag. Pedagang buah-buahan itu berharap Pasar Gede bisa memenangi lomba pasar tingkat nasional.

(JIBI/SOLOPOS/Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya