SOLOPOS.COM - Gerhana bulan berwarna kemerahan atau blood moon (Examiner.com)

Gerhana bulan total, super blue blood moon, tidak terlihat di Solo karena langit tertutup awan.

Solopos.com, SOLO – Gerhana bulan total yang terjadi, Rabu (31/1/2018), malam, merupakan fenomena alam yang langka. Bayangan Bumi bakal memangkas bulan purnama perige istimewa yang dikenal dengan julukan super blue blood moon.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Fenomena alam yang langka ini bisa disaksikan di seluruh belahan dunia. Fenomena ini disambut antusias oleh hampir seluruh warga dunia, khususnya Indonesia. Saking antusiasnya, ada beberapa lokasi yang dipakai untuk menyaksikan gerhana bulan langka tersebut.

Sayangnya, tidak semua wilayah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena super blue blood moon karena terkendala cuaca, seperti di Kota Solo, Jawa Tengah. Berdasarkan pantauan Solopos.com dari gedung Griya Solopos lantai IV sekitar pukul 19.15 WIB sampai 19.30 WIB, gerhana bulan tidak terlihat karena tertutup awan. Sejak sore tadi, langit di Kota Solo memang mendung dan diguyur hujan.

Gerhana bulan malam ini memperlihatkan tiga fenomena sekaligus, yaitu super moon, blue moon, dan gerhana bulan, yang dijuluki NASA super blue blood moon. Kejadian ini sangat langka, karena hanya terulang lebih dari 100 tahun lagi.

Gerhana bulan mulai terjadi pada pukul 17.49 WIB dan masuk gerhana total pada 19.51 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 WIB dan gerhana total berakhir pada pukul 21.08 WIB. Gerhana bulan sebagian masih bisa disaksikan hingga pukul 22.11 WIB. Peristiwa bersejarah itu akan berakhir pada pukul 23.09 WIB. Namun, fenomena ini hanya bisa dilihat jelas jika langit tidak tertutup awan mendung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya