SOLOPOS.COM - Grup Band Legendaris Dewa 19 menggelar konser bertajuk “Dewa 19 Featuring All Stars – Stadium Tour 2023” di Stadion Manahan Solo, Sabtu (29/7/2023).(Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Dewa 19 menjadi band generasi 90-an yang masih memiliki basis penggemar dari generasi kekinian, termasuk Gen Z.

Padahal Gen Z yang lahir tahun 1997 sampai 2012 itu tidak tumbuh bersama musik-musik Dewa 19. Ketika musik-musik Dewa 19 sering diputar di TV Nasional, banyak di antara Gen Z masih kecil, bahkan belum lahir.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ternyata banyak diantara Gen Z tahu lagu-lagu Dewa 19 melalui platform digital seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube.

Desta, 21, misal, perempuan asal Jebres, Solo itu tahu lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani lewat platform Titok. Meski begitu faktor utama yakni relevansi lagu Dewa 19 buat dirinya.

“Lagu [Dewa 19] booming lagi di Tiktok jadi saya tahu beberapa lagu-lagu Dewa,” kata dia ketika berbincang dengan Solopos.com di Stadion Mahanan, Sabtu (29/7/2023).

Desta mengatakan lagu pertama yang dia dengar di Tiktok adalah Roman Picisan. Lagu pop-rock itu menarik perhatiannya lantaran dirinya merasa terwakili lewat lagu itu.

“Tapi aku tahunya ketika dicover Hanin Dhiya, bukan dari penyanyinya langsung. Setelah itu cari tahu penyanyi aslinya,” kata dia.

Dia mengaku juga menyukai lagu Roman Picisan karena versi asli lagu itu dimainkan dengan tempo yang cepat. “Meski kalo dibandingkan, aku pribadi lebih suka yang dibawakan Hanin Dhiya,” kata dia.

Meski begitu, Desta masih menyukai lagu hit dari Dewa 19 yang lain. Beberapa yang dia ingat seperti Aku Milikmu, Separuh Nafasku, Kangen, dan Risalah Hati.

“Nah kalau lagu Risalah Hati tahu karena dibawakan sama Pamungkas,” kata dia. Pamungkas adalah penyanyi tunggal yang termasuk baru di dunia musik Tanah Air.

Sanada, penonton asal Gemolong, Sinta, 20, menyebut tahu lagu-lagu Dewa 19 dari platform media sosial seperti Tiktok.

Dia mengatakan meski tidak sejak kecil mendengar lagu-lagu Dewa 19, dia masih merasa nyambung dengan lagu ciptaan Ahmad Dhani itu.

“Kalau aku ngerasa ini masih enak didengerin sih, mungkin lagunya menurutku emang bagus ya,” kata dia. Sinta mengaku nonton konser bersama satu rombongan bersama teman-teman kantor.

Penonton lain yakni Dwi, 26, perempuan asal Riau dan kini tinggal di Jogja itu mengaku mengetahui lagu-lagu Dewa 19 dari kakaknya yang terpaut lima tahun darinya.

“Waktu kecil lumayan terpapar lagu Dewa 19 karena abang saya dengerin, jadi malah sampai sekarang saya ikut dengerin Dewa 19,” kata dia.

Dwi pertama kali mendengar lagu Dewa 19 yakni lagu Kangen. Menurutnya melodi dan lirik di lagu tersebut enak didengar. “Apalagi kan sekarang sudah banyak yang remake lagu Kangen, jadi kayaknya kok seru,” kata dia.

Penonton muda lain Zikri, 20, yang juga tinggal di Jogja itu mengaku tahu lagu-lagu milik Dewa 19 lantaran cukup sering dibawakan di tempat dia nongkrong.

“Kemarin sempat dengar dari warung Burjo dengar ada yang membawakan lagunya Dewa 19 judulnya Aku Milikmu, loh kok enak,” kata dia.

Selain itu dia juga banyak tahu melalui platform media sosial dan layanan streaming seperti Spotify. Saat ini dia mengaku lagu Dewa 19 yang paling sering didengar berjudul Aku Milikmu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya