SOLOPOS.COM - Candi Bubrah Klaten. (Istimewa/Instagram @klatenexplore)

Solopos.com, KLATENCandi Bubrah merupakan salah satu candi bercorak Buddha yang berada di kompleks Taman Wisata Candi Prambanan. Candi Bubrah berlokasi di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Dilansir dari laman nativeindonesia.com, Jumat (23/12/2022), Candi Bubrah dalam bahasa Jawa memiliki arti hancur atau berantakan. Saat ditemukan di zaman dahulu, Candi Bubrah ini dalam kondisi yang hancur berantakan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Daya tarik yang ditawarkan Candi Bubrah adalah struktur candinya. Dengan memiliki bangunan yang tinggi nan ramping, bagian atap stupanya sebagai simbol Gunung Meru.

Susunannya juga tertuju pada konsep pantheon dalam agama Buddha, yaitu 1 stupa di kelilingi 8 stupa dan dikelilingi lagi dengan 16 stupa. Di sisi luar Candi Bubrah ada relung-relung yang berisi arca Dhyani Buddha.

Di relung utara ada Dhyani Buddha Amogasiddhi yang menghadap ke arah utara. Relung selatan ada Dhyani Buddha Ratnnasambhawa.

Baca Juga: Denny Caknan & Abah Lala Sukses Hibur 5.000 Pendamping PKH di Prambanan Klaten

Relung barat ada Dhyani Buddha Amitabha. Di bagian timur ada arca Dhyani Buddha Aksobhya.

Hal yang membedakan semua arca tersebut terdapat pada posisi duduk dan tangannya. Sedangkan hal yang menjadi ciri khasnya, hiasan ceplok bunga yang mengisi pagar langkan di bagian luarnya.

Hiasan yang menarik lainnya ada di jaladwara yang memiliki fungsi sebagai drainase saluran buang air. Jaladwara ini digambarkan sebagai makhluk bergigi taring, ada belalai, bersurai serta bergelung dengan mulutnya yang terbuka.

Ketika berkunjung ke Candi Bubrah, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan, seperti toko suvenir, musala, tempat makan, area parkir luas, tempat istirahat dan tentunya taman yang cantik.

Baca Juga: Candi Lumbung, Warisan Mataram Kuno di Prambanan Klaten yang Instagramable

Tiket masuk ke Candi Bubrah dibanderol seharga Rp30.000. Dengan biaya segitu, Anda juga bisa mengunjungi Candi Prambanan, Candi Sewu dan candi yang lainnya karena masih dalam satu kawasan.

Tiket parkir dihargai berbeda-beda tergantung kendaraannya. Bus besar senilai Rp15.000, minibus senilai Rp10.000, mobil senilai Rp5.000. Wisata Candi Bubrah ini buka setiap harinya mulai pukul 06.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya