SOLOPOS.COM - Layanan Diseminasi Informasi Pemerintah Kota Solo di Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (5/3/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO — Layanan diseminasi informasi seputar Kota Solo secara offline buka setiap Minggu pagi di arena Car Free Day (CFD) Solo.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Governance Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kota Surakarta, Isnan Wihartanto, mengatakan sosialisasi seputar layanan dan profil pemerintah Kota Solo di CFD sudah dilakukan sejak 2015.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sebelumnya, layanan ini merupakan gabungan antara Diskominfo SP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Pada 2015, layanan gabungan ini berfokus pada sosialisasi dan edukasi tentang tertib lalu lintas.

Layanan tersebut kemudian dipecah pada 2017. Dua instansi tersebut berdiri dengan stan masing-masing.

Layanan Dishub masih fokus pada edukasi sosialisasi tertib lalu lintas. Sementara, layanan Diskominfo fokus pada diseminasi informasi pemerintah Kota Solo.

“Begitu pisah, kami lebih umum [general]. Apapun bisa kami support, khususnya produk aplikasi pemerintah kota,” terangnya saat ditemui Solopos.com di CFD Kota Solo, Minggu (5/3/2023).

Setiap Minggu, layanan ini buka di CFD pukul 05.30 WIB hingga 09.00 WIB. Pemerintah Kota Solo melalui Diskominfo SP membuka stan di pertigaan jalan Slamet Riyadi, tepatnya di depan Kantor Pengadilan Negeri Surakarta Kelas IA Khusus.

Stan ini didirikan untuk diseminasi informasi seputar Pemerintah Kota Solo kepada masyarakat. Masyarakat bisa mendapat informasi dan pengetahuan seputar Kota Solo, baik dari segi layanan, perkembangan, dan kondisi kota terkini.

“Sesuai dengan tupoksi, di sini kami memberikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai hal. Baik dari produk pemerintah, misalnya Tabloid Solo Berseri. Kami juga mengedukasi masyarakat,” ucap dia.

Layanan yang dibuka juga menyasar edukasi kepada masyarakat terkait peraturan saat di CFD. Misalnya, melarang masyarakat merokok atau nge-vape selama di CFD, mengimbau masyarakat waspada terhadap copet, senantiasa membuang sampah pada tempatnya, dan tertib menjaga kondisi CFD agar tetap kondusif.

“Selain itu, kami juga memberikan sosialisasi terkait produk layanan aplikasi pemerintah kota, seperti Solo Destination. Kami juga mengadakan game-game bagi warga yang berlalu-lalang di sini,” kata dia.

Diskominfo SP juga membuka kesempatan bagi instansi pemerintah lain yang ingin memanfaatkan stan mereka. Dengan begitu, instansi pemerintah bisa melakukan sosialisasi program terbarunya.

“Misalnya ada dari Dinas Pariwisata mau mengadakan rekrutmen Putra Putri Solo, mangga silakan,” ucapnya.

Isnan menekankan ruang tersebut bisa dimanfaatkan untuk diseminasi informasi, khususnya pemerintah Kota Solo. Pihaknya menginformasikan aktivitas pemerintah Kota Solo, baik yang di CFD maupun yang lainnya.

Dalam hal ini, warga Kota Solo yang menikmati CFD menjadi target sasaran penyebaran informasi. Warga Kota Solo bisa menanyakan lokasi-lokasi stan layanan yang disediakan instansi pemerintah di CFD.

“Orang ke sini bertanya lokasi stan layanan administrasi dan kependudukan, nanti kami arahkan di sebelah sana misalnya. Lalu kalau mau vaksin di mana, di Ngarsopuro, dan lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya