SOLOPOS.COM - Monumen Kesaksian Wonosari, Klaten. (Istimewa/nonobudparpora.wordpress.com)

Solopos.com, KLATEN — Guna mengenang pahlawan yang telah gugur biasanya setiap daerah membangun sebuah monumen atau tugu. Salah satu monumen di Klaten bernama Monumen Kesaksian Wonosari.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (9/11/2022), Monumen Kesaksian Wonosari merupakan monumen peringatan bagi Tentara Pelajar Detasemen II Brigade 17 Umun dan Khusus Kelompok Regu yang telah gugur sebagai sukarelawan saat peristiwa Wonosari, Kamis Pon 14 Juli 1943.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka yang telah gugur disebut sebagai Pandu Proklamasi 1945. Monumen dibangun pada tahun 1988 dan diresmikan Amir Alwan selaku Camat Wonosari saat itu, 10 November 1989. Monumen Kesaksian Wonosari berlokasi di Desa Bentangan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Terdapat tulisan di bagian kanan dan kiri di monumen tersebut. Di bagian kanan tulisannya, yakni telah di pugar oleh kawan-kawan seperjuangan bersama warga Desa Pandanan dan Desa Bentangan pada Sabtu Legi 9 Agustus 1997.

Sedangkan di bagian kiri prasasti bertuliskan atas nama masyarakat Desa Bentangan dan Desa Pandaan, Kecamatan Wonosari serta para Kepala Tentara Pelajar Detasemen 017 sebagai pelopor kejadian Wonosari pada Kamis Pon 14 Juli 1949 yang telah mendirikan tonggak monumen kepada pahlawan pejuang perang yang gugur saat kejadian Wonosari sebagai Pandu Proklamasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya