SOLOPOS.COM - Anak-anak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo berlatih salat di Masjid Al Wustho, Senin (6/3/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO —Kegiatan praktik pembelajaran agama di SD Muhammadiyah 1 Ketelan Solo, salah satunya adalah menunaikan ibadah salat.

Pantauan Solopos.com, seratusan siswa SD Muhammadiyah 1 Solo kelas I dan II mempraktikkan gerakan salat di serambi Masjid Al Wustho, Senin (6/3/2023) siang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Para siswa membentuk saf dengan rapi untuk menghafalkan bacaan dan gerakan salat bersama sama. Mereka mempraktikan gerakan salat sekaligus bacaan didalamnya sebagai bentuk pengenalan dasar agama Islam di lingkungan sekolah.

Anak-anak secara antusias mempraktikkan gerakan salat dari takbir, rukuk, sujud, hingga salam di serambi Masjid Al Wushto. Selain itu, mereka juga melafalkan bacaan salat tersebut dengan suara yang nyaring dan serempak.

Sementara, siswa kelas III dan IV praktik ibadah salat berjamaah di ruang utama masjid. Sebelum menunaikan salat, anak-anak mendengarkan sekilas materi dan kultum singkat dari guru mereka.

Guru Wali Kelas II SD Muhammadiyah I Ketelan Solo, Kustinah, menjelaskan kegiatan praktik salat di Masjid Al Wutho rutin dilakukan setiap Senin sampai Kamis sekitar 12.15 WIB setelah istirahat dan makan siang.

“Yang di luar kelas I dan II, yang di dalam Kelas III dan IV, kalau yang di dalam ibaratnya sudah salat tenan, kalau di sini [serambi] baru berlatih,” ucap dia.

Kustinah menyebutkan ada sekitar 190 anak yang ikut praktik latihan salat di serambi Masjid Al Wustho. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengedukasi anak-anak sejak dini terkait pengetahuan dasar dalam beribadah di agama Islam. Di kelas anak-anak diajarkan berupa teori, di masjid anak-anak diajak praktik.

“Pembelajaran pendidikan agama Islam, salah satunya kan ibadah melaksanakan salat, kami mengajarkan ini,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya