SOLOPOS.COM - Rumah peninggalan Belanda yang dikenal dengan Omah Londo di Gondang, Sragen. (Youtube/@MA Nurul Huda Channel)

Solopos.com, SRAGEN — Di Indonesia banyak sekali wilayah-wilayah yang terdapat setidaknya setitik jejak peninggalan Belanda. Salah satunya di Gondang Sragen, ada Omah Londo yang menyimpan banyak hal mistis namun kerap kali dikunjungi.

Omah Londo tepatnya berada di Kecamatan Gondang, Kabupaten Karanganyar. Rumah ini memiliki arsitektur sangat khas dengan Belanda yang sangat menarik, tak ayal banyak pengunjung yang datang untuk berswafoto sambil menengok sejarahnya walaupun kesan angker tetap menyelimuti tempat ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Melansir dari laman YouTube MA Nurul Huda Channel, pada Kamis (27/7/2023), atas penuturan Sukarno Galingsong selaku warga setempat, rumah Belanda yang terdapat di Gondang ada sekitar 14 rumah. Kondisinya masih utuh.

Omah Londo yang masih utuh kini dimanfaatkan pemerintah daerah sebagai kantor camat, sekolah, puskesmas dan markas koramil. Namun sebagian besar lagi terbengkalai dan sudah mengalami kerusakan seperti atap dan dinding jebol hingga ubin yang sudah pecah.

Dulu, pada masa penjajahan Belanda, Omah Londo merupakan rumah dinas inspektur atau mandor dan sinder pabrik Gula Kedoeng Banteng. Pada tahun 1932, Pabrik Gula Kedoeng Banteng ditutup akibat Krisis Malaise di mana menurunnya tingkat ekonomi yang terjadi secara dramatis di seluruh dunia yang terjadi mulai tahun 1929 dan berlangsung selama sekitar 10 tahun pada masa itu.

Omah Londo Gondang biasa dikenal juga dengan Kompleks Perumahan Sinder Gondang. Bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen pada tahun 2018.

Omah Londo Gondang menyimpan nilai sejarah menarik bagi sebagian orang tetapi juga menyimpan banyak sekali cerita horor yang menyeramkan bagi penduduk sekitar. Mereka bercerita kerap melihat noni Belanda yang sering menampakkan diri pada masyarakat.

Selain noni Belanda, di area yang cukup lapang, yaitu halaman belakang dari kompleks Omah Londo, pada malam hari sering terdengar suara kuda yang melengking. Suara entakan kakinya ke tanah pun terdengar.

Dikutip dari beberapa sumber, di salah satu rumah di kompleks tersebut ada satu ubin yang berwarna kuning yang berbeda dengan warna ubin lainnya. Konon di tempat tersebut dulunya digunakan untuk melakukan suatu ritual. Menurut desas-desus yang tak bisa dikonfirmasi, banyak hal gaib yang terpenjara di dalam ubin berwarna kuning tersebut.

Menurut penuturan warga setempat, masih banyak hak mistis terjadi di tempat tersebut. Dulu kompleks Omah Londo ini terdapat orang yang membersihkan dan merawatnya, namun sekarang sudah terbengkalai begitu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya