SOLOPOS.COM - The Heritage Palace, Sukoharjo. (instagram.com/theheritagepalace)

Solopos.com, SUKOHARJO — Salah satu destinasi wisata yang sedang ramai dikunjungi di kalangan pelancong adalah The Heritage Palace yang terletak di Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Seperti dikutip dari artikel di situs The Heritage Palace, wisataheritagesolo.com, Sabtu (08/07/2023), disebutkan bahwa objek wisata ini pada awalnya merupakan bekas gedung pabrik gula dengan gaya arsitektur jaman Belanda di 1920. The Heritage Palace merupakan bangunan bekas pabrik gula satu-satunya yang dilindungi dan masuk sebagai Bangunan Cagar Budaya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pabrik ini merupakan salah satu bangunan bersejarah masa Kerajaan Islam Mataram yang didirikan pada 1892 seluas 2,2 hektar. Kawasan ini direnovasi pada 9 Juni 2018 dan menjadi objek wisata alternatif di Soloraya.

Tanpa mengubah arsitekturnya, bangunan peninggalan era kolonial ini tetap megah dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. The Heritage Palace juga menjadi sumber kebanggaan dan pengingat imajinasi masa itu. Harga tiket masuk Heritage Palace mulai dari Rp55.000-Rp65.000 dan loket buka di jam 09.00-16.30 WIB.

Lalu wahana apa saja yang ditawarkan?

1. View Gedung Bersejarah

Daya tarik wisata The Heritage Palace ada pada bagian outdoor. Berjalan di sekitar area outdoor, Anda bisa menikmati panorama bangunan khas Eropa abad ke-18 bergaya kolonial. Wisatawan bisa berkeliling dan berswafoto di jembatan, bilik telepon, patung kuda, dan mobil yang terpajang di area utama.

2. Museum Transportasi

Kawasan The Heritage Palace dilengkapi dengan berbagai koleksi mobil antik, jip, becak, sepeda motor, dan background tiga dimensi. Di luar, wisatawan juga bisa melihat deretan mobil klasik dan antik, seperti Dodge tahun 1948 yang dulu ditumpangi Ir. Sukarno. Termasuk juga Jeep Willys USA keluaran 1943 dan Chevrolet Bel Air USA tahun 1955.

3. 3D Trick Art

Anda dapat mengambil foto dengan ratusan latar belakang tiga dimensi yang instagramable seperti Tembok Besar China, kapal layar, dinosaurus, dan latar belakang ilusi lainnya.

4.Omah Kwalik

Omah Kwalik berarti “rumah terbalik” dalam bahasa Jawa. Heritage Palace menghadirkan spot foto dengan konsep rumah terbalik, angkringan terbalik, ruang kelas terbalik dan ruang tamu terbalik.

Jangan khawatir, tempat wisata ini memiliki taman bermain anak, warung kuliner dan pusat konvensi selain spot foto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya